Perbaiki Pelayanan, Pemprov Kalteng Gelar Rapat Evaluasi Kinerja Petugas Antar Kerja Tahun 2024

Foto Bersama Dalam acara Rapat Evaluasi Kinerja Petugas Antar Kerja Tahun 2024. (foto/mmckalteng)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Plh. Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Ahmad Husain, mewakili Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, membuka secara resmi Rapat Evaluasi Kinerja Petugas Antar Kerja Tahun 2024 di Hotel Aurila, Palangka Raya, Kamis (3/10/2024).

Dalam sambutannya, Ahmad Husain menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi petugas antar kerja serta memperbaiki pelayanan perantaraan kerja bagi pencari kerja dan pengguna tenaga kerja.

“Peningkatan kompetensi petugas antar kerja sangat penting, karena mereka berperan sebagai garda terdepan dalam akses informasi pasar kerja, yang bertujuan untuk meningkatkan penyerapan dan penempatan tenaga kerja di dunia usaha dan industri, sekaligus mencegah kasus pekerja migran Indonesia non-prosedural,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya petugas antar kerja untuk membangun jaringan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) agar dapat mengetahui tren industri ke depan.

Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat analisis pekerjaan masa depan (Job Future Analysis) dan menyesuaikan kurikulum di SMK, SMA, serta Perguruan Tinggi. Dengan demikian, lulusan dapat dilengkapi dengan sertifikat kompetensi dan siap terjun ke dunia industri tanpa perlu pelatihan tambahan.

Ahmad Husain juga menegaskan petugas antar kerja harus memiliki informasi dan pengalaman yang lebih baik agar dapat membantu masyarakat, terutama alumni SMK, SMA, dan Perguruan Tinggi, dalam mengakses informasi pasar kerja. “Sebagai garda terdepan, kita perlu memastikan masyarakat tidak terjebak dalam informasi yang salah dan menjadi korban kejahatan,” tegasnya.

Ia mengingatkan, evaluasi ini adalah langkah konkret untuk memastikan kualitas dan profesionalisme petugas antar kerja, demi meningkatkan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia serta memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam negeri.
“Kita harus mampu bersaing dan tidak hanya menjadi penonton,” imbuhnya.

“Peran petugas antar kerja dalam mempersiapkan pencari kerja yang terampil dan kompeten sangatlah penting, terutama di era digitalisasi ini. Kita berharap agar SDM Kalteng dapat bangkit, berakhlak, dan penuh keberkahan,” pungkas Ahmad Husain.

Dengan demikian, rapat ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah strategis untuk memperkuat peran petugas antar kerja dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia di Kalimantan Tengah.

EDITOR:Edwandani


SUMBER:MMC Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng