Rakornas Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif II di Mataram. Kadis Budpar Berharap Dapat Tingkatkan Pengetahuan dan Study Tentang Pemasaran Berbasis MICE

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Agung Catur Prabowo mewakili Kepala Dinas mempresentasikan paparan mengenai strategi pemasaran pariwisata Kalimantan Tengah. (foto/mmckalteng)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Disbudpar Prov. Kalteng) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2024 Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif II yang berlangsung di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin (30/9/2024).

Ini merupakan Rakornas kedua tahun ini, setelah sebelumnya dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Tujuan utama dari rakornas ini adalah menyinergikan perencanaan antara pemerintah daerah, pusat, dan berbagai pemangku kepentingan terkait.

Acara dimulai dengan sambutan dari Deputi Bidang Pemasaran Parekraf RI, Ni Made Ayu Marthini, yang menekankan pentingnya kesamaan persepsi antara pemerintah daerah dan pusat dalam pengembangan ekonomi kreatif untuk menghadapi tantangan ke depan.
Ia juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan pemangku kepentingan, dengan contoh keberhasilan penyelenggaraan event MotoGP di Lombok yang mampu meningkatkan jumlah wisatawan ke Indonesia.

“Kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, antar daerah, serta antara pemerintah dan pemangku kepentingan sangatlah penting,” ujar Ni Made.

Rakornas ini juga bertujuan mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang menargetkan 1,5 miliar wisatawan, serta mengintegrasikan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan BBWI dalam membangun ekosistem pariwisata yang berkelanjutan.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Agung Catur Prabowo, mewakili Kepala Dinas, mempresentasikan strategi pemasaran pariwisata Kalimantan Tengah. Dalam paparannya, ia menjelaskan mengenai destinasi unggulan, event-event penting, desa wisata, serta paket wisata yang ditawarkan di wilayah Kalimantan Tengah.

Rangkaian kegiatan Rakornas ini dimulai dengan pameran ekonomi kreatif dan UMKM di Kawasan Sirkuit Mandalika seiring dengan pelaksanaan MotoGP, dilanjutkan dengan pertemuan yang dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. Acara ini akan ditutup dengan kunjungan ke Desa Wisata Tetebatu.

Kepala Dinas Adiah Chandra Sari juga menyampaikan harapannya agar sinergi antar daerah dapat terjalin dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan memberikan studi tentang pemasaran berbasis MICE (Meetings, Incentives, Conferences, dan Exhibitions) yang sejalan dengan event unggulan masing-masing daerah untuk mendorong pergerakan wisatawan nusantara.

Dengan adanya rakornas ini, diharapkan pengembangan pariwisata di Kalimantan Tengah dapat semakin maju dan berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi daerah.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:MMC Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng