Bantu Masyarakat Pulang Kampung, Pemprov Kalteng Berikan Program Mudik Gratis Masa Angkutan Lebaran 1445 H

Wagub Edy Pratowo saat melakukan pengecekan angkutan mudik gratis. (foto/mmckalteng)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah provinsi serta sebagai tindak lanjut program pemerintah pusat melalui kementerian perhubungan dimana Kalteng mendapatkan jatah program mudik gratis tahun 2024, sekaligus membantu masyarakat untuk pulang kampung yang mengalami kesulitan ekonomi dalam hal biaya transportasi untuk pulang ke kampung halaman, Pemerintah Provinsi melepas rombongan bus mudik gratis ke beberapa wilayah di provinsi Kalteng dan ke Kalsel.

Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah provinsi mengusung tema: “Mudik Ceria Penuh Makna”, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng melakukan Pelepasan Program Mudik Gratis pada Masa Angkutan Lebaran 1445 Hijriah/Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Halaman Terminal Tipe A WA Gara, Jalan Mahir Mahar Palangka Raya, Minggu (07/04/2024).

Tampak hadir pada kegiatan ini, Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin, Danrem 102/PJG Bigjen TNI Iwan Rosandriyanto, mewakili Kapolda Kalteng Kombes Pol. R.S. Handoyo, Ketua KADIN Kalteng Rahmat Nasution Hamka, dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng.

Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wagub H. Edy Pratowo mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan RI, yang telah memilih Provinsi Kalimantan Tengah sebagai satu-satunya provinsi di Pulau Kalimantan yang mendapat bantuan Program mudik gratis.

Dikatakannya bahwa mudik merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi atau budaya masyarakat Indonesia, untuk dapat berkumpul dan beribadah bersama keluarga di kampung halaman masing-masing,

“Namun, setiap tahunnya, kita juga menyadari risiko dan tantangan yang dihadapi oleh para pemudik, terutama dalam hal keselamatan dan kenyamanan perjalanan” ucapnya.

Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Kementerian Perhubungan RI, melalui program ini berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada mereka yang ingin pulang ke kampung halaman dengan aman dan nyaman, serta salah satu upaya untuk memastikan bahwa hak setiap warga negara untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasihnya tidak terhalang oleh kendala ekonomi.

Disebutkannya pula, bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan 4 (empat) armada bus untuk mengantarkan para pemudik ke berbagai kota tujuan di Kalimantan Tengah, diantaranya rute Palangka Raya – Bahaur sebanyak 2 (dua) bus dengan kapasitas 70 (tujuh puluh) orang dan rute Palangka Raya – Sampit sebanyak 2 (dua) bus dengan kapasitas yang sama 70 (tujuh puluh) orang. Rute ini adalah tambahan dari program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI yaitu rute Palangka Raya – Pangkalan Bun sebanyak 6 (enam) bus, dengan kapasitas 220 (dua ratus dua puluh) orang dan rute Palangka Raya – Banjarmasin sebanyak 2 (dua) bus dengan kapasitas 88 (delapan puluh delapan) orang.

“Perlu diketahui bahwa program ini tidak hanya untuk angkutan darat saja, namun angkutan laut juga menyelenggarakan angkutan mudik gratis dengan rute Sampit – Semarang kapasitas 500 (lima ratus) orang, Kumai – Surabaya kapasitas 500 (lima ratus) orang dan Kumai – Semarang kapasitas 398 (tiga ratus sembilan puluh delapan) orang” sebutnya.

Selain itu, disediakan juga fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis untuk memastikan kenyamanan para pemudik selama perjalanan, serta menyediakan paket sembako terdiri dari Beras 5 Kg, Minyak Goreng 1 Liter, Gula Pasir 2 Kg dan Sarden 1 Kaleng, dengan nilai Rp 150.000,- per paket, yang disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebesar Rp 130.000,-, sehingga masyarakat yang membutuhkan hanya menebus dengan harga Rp 20.000, saja.

“Diharapkan program mudik gratis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat membantu mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini” kata Wagub.

“Selanjutnya saya berpesan kepada para peserta mudik gratis, agar selama perjalanan selalu menjaga kesehatan dan keselamatan. Patuhi peraturan lalu lintas, ikuti arahan dari para petugas, dan berhati-hati selama di perjalanan mudik” tutupnya.

Senada dengan itu, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Palangka Raya Andi Rachmatullah, melaporkan bahwa pada masa angkutan lebaran Tahun 2024/1445 H ini, Kementerian Perhubungan kembali melaksanakan program mudik gratis angkutan lebaran di 33 kota tujuan arus mudik, 9 kota asal arus balik dan 5 kota arus mudik – balik khusus pengangkutan sepeda motor.

Tujuan diadakannya kegiatan mudik gratis ini diantaranya adalah untuk mengantisipasi peningkatan jumlah Masyarakat yang berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor. Selain itu juga merupakan Upaya pemerintah untuk meningkatkan keselamatan dan menekan angka kecelakaan serta kemacetan pada masa arus mudik lebaran.

“Provinsi Kalimantan Tengah tahun ini mendapatkan kouta mudik gratis dari pemerintah pusat sebanyak 308 kursi, dengan asal tujuan perjalanan Palangka Raya – Pangkalan Bun dan Palangka Raya – Banjarmasin (Kalsel)” lapor Andi.

“Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan program mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan asal tujuan perjalanan Palangka Raya – Sampit dan Palangka Raya – Bahaur, dan Alhamdulillah tingkat keterisian dengan kouta yang disediakan mencapai 100%” pungkasnya.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:MMC Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng