Kadis Kominfo : Silahkan Mengkritik, Tapi Konstruktif, Objektif dan Berimbang

Media Gathering dan Buka Puasa Bersama Dengan Media Mitra Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. (foto/Edwan)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi mengatakan media merupakan penyambung lidah atau corong informasi dalam rangka menyampaikan informasi atau berita yang objektif kepada masyarakat.

Oleh sebab itu, Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng menyampaikan terimakasih kepada semua media yang selama ini banyak membantu mendukung pemeritah dalam hal menyampaikan informasi-informasi pembangunan sehingga itu dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas.

Pemerintah tidak anti kritik, silahkan saja menyampaikan kritik, tapi alangkah baiknya kritik yang bersifat konstruktif (membangun), objektif dan berimbang sesuai fakta atau check and balance, ungkap  Kadis Kominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi pada acara Media Gathering dan Buka Puasa Bersama Dengan Media Mitra Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Ballroom Hotel Neo Palma, Kamis (28/3/2024).

Lebih lanjut dkatakan Agus Siswadi mengatakan apa yang sudah dilakukan rekan-rekan media selama ini sudah cukup luar biasa dan sangat membantu dalam penyebaran informasi kepada masyarakat terkait pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah dengan memanfaatkan informasi-informasi dari MMC Kalteng sehingga berita yang disajikan lebih fokus dan terarah sesuai fakta di lapangan.

Terkait informasi peliputan, ada pertanyaan yang muncul bahwa Kominfo membatasi pelitputan, itu tidaklah benar.

“Saya faham betul dan tidak asing dengan dunia peliputan di lapangan, karena saya pun pernah 18 tahun menjadi jurnalis di Radio dan Televisi. Tapi yang tidak dipahami adalah ketika ada ruang yang terbatas hanya beberapa orang saja yang mengharuskan tertib dan teratur, sehingga tidak memungkinkan untuk liputan orang sebanyak-banyaknya. Jadi tolong ini difahami, bukan berarti membatasi hak untuk memperoleh informasi, tapi karena situasi dan kapasitas ruangan liputan tidak memungkinkan,” ucapnya.

Kadis Kominfo juga mengaharapakan kepada rekan-rekan wartawan, khususnya para senior turut mencerdaskan dalam pemberitaan pers termasuk tata cara penulisan yang benar, sebutan jabatan sesuai nomenklatur dan lain sebagainya agar informasi itu tersampaikan dengan baik.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada salah satu ASN Dikominfosantik Provinsi Kalteng yang purna tugas dan tausiyah agama oleh Ustad H. Muhammad Arni.

Acara ditutup dengan buka puasa bersama sekaligus salat magrib berjamaah dan ramah tamah.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: