DBD Meningkat Masyarakat Diminta Waspada

Anggota DPRD Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan dan koleganya saat mengikuti apel di kantor bupati setempat. (Foto/Sip)

KUALA KURUN, KALTENGTERKINI.CO.ID – Penyakit demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) selama beberapa bulan terakhir ini mengalami peningkatan kasus.

Melihat akan hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Rayaniati Djangkan, meminta masyarakat agar waspada terhadap penyakit DBD tersebut.

“Masyarakat harus berhati-hati mengingat penyakit DBD di daerah kita ini mengalami peningkatan. Terlebih ada beberapa kasus yang masuk rumah sakit,”ungkap Rayaniati,Selasa (16/5/2023).

Masyarakat lanjut dia, harus mengetahui pencegahan serta penularan dari penyakit DBD. Pencegahannya bisa melalui cara melakukan pemberatasan sarang nyamuk dengan 3 M plus. Kemudian menguras, mengubur dan menutup barang bekas yang menjadi tempat sarang dan perkembangbiakan nyamuk.

“Perlu juga dilakukan dengan tindakan oleh masyarakat. Terlebih dinas teknis yang tahu cara penanganan dengan memberikan sosialisasi ke masyarakat, serta turun ke lapangan langsung,”jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Gunung Mas, Arnold melalui Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, Nia Ernawati menjelaskan, pihaknya sudah melakukan fogging di beberapa tempat yang terdapat dkasus DBD.

“Memang ada peningkatan kasus DBD ini. Mulai dari Januari hingga Maret lalu. Pada Januari ada 3 kasus, Februari ada 4 kasus, dan Maret ada 5 kasus meningkat dan jumlahnya ada 12 kasus,” bebernya. (Sip)

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: