Sahriah : Jalan Soekarno Perlu Perbaikan

MENYAMPAI ASPIRASI : Anggota DPRD Gumas, Sahriah saat menyampaikan pandangan fraksinya di gedung dewan setempat. (Foto/Sip)

KUALA KURUN, KALTENGTERKINI.CO.ID – Ruas Jalan Ir Soekarno yang berada menuju pusat Kota Kuala Kurun, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kabupaten Gunung Mas (Gumas), sampai sekarang kondisi jalanya belum mulus, karena belum diperbaiki. Bahkan terkesan diabaikan.

Adapun ruas Jalan Ir Soekarno itu sendiri diperkirakan memiliki panjangnya 3,5 kilometer. Jalan tersebut mulai dirintis pembangunannya sejak tahun 2015 lalu.

“Kondisi Jalan Ir Soekarno ini diharap bisa diperhatikan pemerintah daerah, untuk segera diperbaiki. Sehingga kedepan, jalur jalan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat, baik dari arah Sepang ke Kurun begitu juga sebaliknya,”ungkap anggota DPRD Gumas, Sahriah, Kamis (19/1/2023).

Sahriah menjelaskan, Jalan Ir Soekarno ini sebenarnya untuk menghubungkan Miwan, Sepang Kota hingga ke Kurun. “Maka dari itu kami harapkan jalan ini dapat diperhatikan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,”tambahnya.

Tidak hanya sampai disitu lanjut politikus Partai Gerindra ini mengungkapkan, jalan tersebut selain untuk menghubungi Kecamatan Sepang, juga menjadi jalan penghubung ke Kecamatan Manuhing hingga sampai ke Takaras.

“Seandainya jalan ini kondisinya mulus, maka untuk menuju ke Miwa Sepang maupun ke Takaras maka bisa lebih dekat lagi menuju Kota Palangka Raya. Artinya Jalan Ir Soekarno ini juga sebagai jalan alternatif,”ujar Sahriah.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gumas, Baryen mengatakan, Jalan Ir Soekarno itu sebenarnya merupakan akses jalannmenuju Desa Tumbang Miwan-Sepang Kota. Selain itu menjadi jalur jalan menganti Jalan Damang Sawang yang lebarnya kecil.

“Terakhir penanganan jalan ini tahun 2015 dan tidak ada pengerjaan lain termasuk boxculvert. Ruas Jalan Ir. Soekarno, panjang 3.500 meter, lebar ruang milik jalan rata-rata 20-22 meter, rencana jalan ini dua jalur, dengan median di tengah 2 meter, lebar jalur kiri dan kanan 6 meter bahu jalan lebar 2, 8 meter dan lebar parit 1 meter,”demikian jelas Baryen. (Sip)

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: