BPBD Pulang Pisau Dorong Perwujudan Call Center

PULANG PISAU, KALTENGTERKINI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) pada tahun 2022 akan mendorong terwujudnya nomor pengaduan khusus/darurat yaitu Call Center.
Dengan adanya call center tentunya akan memudahkan terjadinya komunikasi antara pihaknya dengan masyarakat jika terjadi bencana alam serta tanggap darurat.
“Jadi kalau ada kebakaran lahan dan banjir, bisa menghubungi kita di call center itu nanti kalau sudah tersedia, ” ucap Kepala Pelaksana (Kalaksa) Salahudin melalui Sekertaris BPBD, Rudi Purwadi, Kamis (20/01/2022).
Untuk pengaduan yang masuk, lanjutanya, akan langsung diproses dan dilakukan penindakan di lapangan sebanyak tujuh instansi atau institusi terkait.
“Karena keberadaan Call Center itu akan memudahkan warga agar menginformasikan ke kita apabila terjadi bencana alam, baik kebakaran lahan maupun banjir dengan cara menghubungi call center yang kita siapkan,” pinta Rudi.
Saat dikonfirmasi awak media, Selain bencana alam, Pemerintah Kabupaten melalui PSC 119 juga menyiapkan call center yang akan terkoneksikan ke nomor 112.
Lanjut Rudi Purwadi, di nomor 119 untuk pengaduan bencana non alam, serta warga bisa melaporkan jika ada yang butuh penanganan cepat seperti masyarakat yang terpapar Covid-19.
“Jadi kita ada call center khusus bencana alam dan bencana non alam,” tutupnya. (Dicky)