Produk UMKM Binaan Bank Indonesia Mampu Tarik Minat Pengunjung, Transaksi Capai Rp2,2 Miliar

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh memperlihatkan Produk UMKM binaan Bank Indonesia (foto/istimewa)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Produk UMKM binaan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah yang ditampilkan pada event bergengsi Pesona Tambun Bungai X Kalteng Expo 2024 yang digelar di arena Pameran Temanggung Tilung tanggal 11 – 15 Mei 2024 lalu, mampu menarik minat masyarakat pengunjung, sehinggs total transaksi penjualan produk UMKM tersebut mencapai Rp2,2 Miliar.

Pesona Tambun Bungai X Kalteng Expo 2024 ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kota Palangka Raya khususnya dan umumnya Kalimantan Tengah.  Tentu hal ini memberikan dampak positif bagi para UMKM dan promosi daerah untuk mencapai Kalteng Berkah.

Secara keseluruhan kegiatan Kalteng Expo ini sukses mendongkrak perputaran ekonomi dan UMKM senilai Rp15 Miliar selama 5 hari penyelenggaraan, dari 11 hingga 15 Mei 2024. Pencapaian ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap produk-produk UMKM lokal berkualitas tinggi. Diprakirakan total pengunjung selama kegiatan berlangsung mampu menarik massa sebanyak 65.000 orang atau 13.000 orang per hari.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh, kemarin, mengungkapkan khusus untuk Hall A Utama Kalteng Expo, total transaksi yang terjadi mencapai sebesar Rp2,2 miliar. Di antara berbagai jenis produk yang ditawarkan, produk wastra menjadi primadona dengan total penjualan mencapai Rp 1,3 Miliar. Hal ini menandakan tingginya minat masyarakat terhadap produk fashion lokal yang unik dan bernilai seni. Selain produk wastra, produk kriya/kerajinan/aksesoris juga menarik perhatian pengunjung, dengan total penjualan mencapai Rp 817 Juta. Sementara itu, produk makanan dan minuman olahan juga menunjukkan performa yang baik dengan total penjualan mencapai Rp 99,68 Juta.

Produk UMKM Lokal. (foto/istimewa)

Capaian Bank Indonesia dalam kegiatan Kalteng Expo ini juga turut membanggakan. Booth Bank Indonesia di Hall A dikunjungi masyarakat dengan antusiasme luar biasa khususnya terhadap produk-produk UMKM binaan BI Kalteng dengan total penjualan mencapai lebih dari Rp300 juta dalam 5 hari acara. Sama seperti capaian Hall A Utama Kalteng Expo, Produk wastra tetap menjadi yang paling diminati, diikuti kriya dan makanan minuman olahan. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap produk-produk lokal berkualitas tinggi.

Bank Indonesia, lanjut Taufik, juga sukses mengedukasi masyarakat tentang digitalisasi pembayaran dan cinta rupiah melalui berbagai program menarik, seperti games, kuis, dan pojok baca. Hal ini mendorong peningkatan penggunaan QRIS dan awareness masyarakat terhadap penggunaan rupiah yang baik. Dalam event tersebut lebih dari 85% transaksi yang terjadi booth Bank Indonesia menggunakan sarana pembayaran non tunai seperti QRIS dan transfer.

Kehadiran Bank Indonesia di Kalteng Expo 2024 tidak hanya memberikan dampak positif bagi para UMKM binaan, tetapi juga bagi perekonomian daerah secara keseluruhan. Festival ini menjadi wadah bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan mereka serta meningkatkan kepercayaan diri UMKM untuk mencapai cita-cita yang lebih besar. Banyak UMKM yang tertarik untuk menjadi UMKM binaan Bank Indonesia karena merupakan kebanggaan tersendiri apabila menjadi salah satu UMKM binaan Bank Indonesia.

‘Meskipun Kalteng Expo 2024 telah berakhir, Bank Indonesia senantiasa terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah  untuk mendukung UMKM dan meningkatkan literasi keuangan di Kalimantan Tengah dalam mencapai Kalteng Berkah. Bank Indonesia secara konsisten mengajak masyarakat untuk terus berbelanja produk UMKM lokal dan menggunakan digitalisasi pembayaran dalam transaksi sehari-hari,’ harapnya.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: