Perlu Siapkan Sarpras Kesehatan Antisipasi Dampak Karhutla

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, M. Hasan Busyairi

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, M. Hasan Busyairi mendorong pemerintah kota setempat melalui instansi terkaitnya, untuk segera mempersiapkan semua sarana-prasarana (sarpras) Rumah Sakit (Rumkit), guna menghadapi kemungkina dampak dari karhutla.

“Baik itu di rumah sakit, puskesmas, dan posyandu maka sarpras pendukung karhutla bisa segera disiapkan. Seperti tabung oksigen, obat-obatan dan sebagainya,” ungkap Hasan, Minggu (4/6/2023).

Lebih lanjut legislator dari Fraksi Golkar ini mengungkapkan, saat menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), maka dampak karhutla bukan hanya asapnya saja yang bertebaran di udara, tapi akan berdampak pula terhadap kesehatan masyarakat.

“Dampak dari asap karhutla terhadap kesehatan masyarakat salah satunya adalah tertularnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Oleh karena itu, mari kita sama-sama menjaga dan melakukan pencegahan kathutla ini,” ujarnya menambahkan.

Harus disadari ujar Hasan, setiap saat karhutla terjadi, maka disitulqh akan menyebar dampak buruk kabut asap bagi kesehatan masyarakat. Hal itu akan terlihat dari alat ukur standar kualitas udara. Terutama menentukan besar kecilnya pencemaran udara akibat kabut asap dengan acuan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

Menyikapi kondisi buruk dampak kathutla itu, maka diperlukan upaya sistem manajemen penanggulangan bencana yang efektif. Terutama kesiapan pemerintah sebagai sebuah bentuk fungsi perlindungan bagi warga.

“Penyediaan pelayanan kesehatan tentunya sangat penting dilakukan kepada masyarakat. Saat ini karhutla yang berdampak belum terlihat. Namun, ada baiknya kesiapan seperti sarpras kesehatan ini perlu dilakukan,”pungkas Hasan.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: