PT SKS Listrik Kalimantan Laksanakan Pelatihan Kewirausahaan

Suasana Pelatihan Kewirausahaan
Suasana Pelatihan Kewirausahaan

GUNUNG MAS, KALTENGTERKINI.CO.ID – Di Site PT SKS Listrik Kalimantan dilaksanakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi para ibu dari Desa Tumbang Kajuei, Dusun Trans Kajuei, dan Desa Luwuk Lengkuas sebanyak 33 orang. Kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil – Bapak Yeri Petrik dan Pengawas Koperasi – Bapak Dominikus dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Tengah, sebagai narasumber materi legalitas badan usaha UMKM. Pak Yeri menyampaikan bahwa ini merupakan kolaborasi pertama dengan PT SKS Listrik Kalimantan tentunya diharapkan mampu mambangkitkan perekonomian di daerah dan Dinas UMKM siap untuk memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha.(25/03/2023)

Suasana Pelatihan Kewirausahaan
Suasana Pelatihan Kewirausahaan

Abikson, Kepala Desa Luwuk Lengkuas menyampaikan bahwa yang sering menjadi kendala dalam pengembangan UMKM di desa adalah pemasarannya dimana masyarakat tidak tahu harus memasarkan produknya kemana dan tidak ada pasar yang secara tetap menerima hasil produksi para ibu. Beliau juga menyampaikan bahwa Bumdes memiliki anggaran yang bisa menjadi perahu bagi hasil makanan olahan ibu-ibu.

“Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi para ibu dari Desa Tumbang Kajuei diharpakan dapat memberikan pengetahuan baru untuk ibu – ibu disekitar site sehingga memunculkan ekonomi baru disekitar” kata CSR Assistant Dorothea Sthallhani Jasi

Hadir pula lembaga pendidikan dan pelatihan LPK Multi Karya yang bergerak di bidang tata boga untuk mendampingi secara langsung proses pembuatan makanan olahan kering mulai dari manajemen UMKM, Food costing dan product branding olahan pangan. Materi perhitungan biaya pembuatan makanan, hingga bagaimana mengemas makanan dengan baik diberikan langsung oleh Ibu Ratna Samila Sari selaku Direktur LPK Multi Karya.

Suasana Pelatihan Kewirausahaan
Suasana Pelatihan Kewirausahaan

Ahmadi Ratu Alam selaku perwakilan dari pimpinan site manajemen PT SKS Listrik Kalimantan menyampaikan bahwa dalam pengembangan ekonomi ini ibu-ibu sebagai pelopor pembangunan usaha di desa dan supaya kegiatan ini tidak berhenti dan berkelanjutan hingga mampu memberikan dukungan finansial bagi keluarga.

Perlu diketahui PT SKS Listrik Kalimantan merupakan perusahaan penyedia tenaga listrik yang mengoperasikan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2 x 100 MW di Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas – Kalimantan Tengah. IPP PLTU Kalteng-1 ini beroperasi secara komersial sejak bulan November 2020.(Humas PT. SKS Listrik Kalimantan)

EDITOR:


SUMBER:Humas PT. SKS Listrik Kalimantan