Wisuda Program Sarjana dan Diploma STMIK. Yuas Elko Berharap Kedepannya Bisa Jadi Universitas 

Sahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko saat menyampaikan sambutan. (foto/mmckalteng)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID– Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko mewakili Gubernur Kalteng menghadiri acara wisuda program sarjana dan diploma Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangka Raya Tahun Akademik 2022, bertempat di Kahayan Ballroom Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Sabtu (29/10/2022). Acara ini dilaksanakan secara hybrid luring dan daring.

Dalam sambutannya Yuas menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada STMIK Palangka Raya dan berharap ke depannya bisa naik menjadi universitas.

“Fungsi pendidikan salah satunya untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan civitas akademik yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, dan berdaya saing. Semoga STMIK Palangka Raya bisa semakin maju, mencetak lulusan terbaik dan ikut dalam membangun Kalimantan Tengah yang Makin BERKAH,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Muhammad Akbar yang hadir secara virtual berpesan agar para wisudawan/wisudawati yang lulus hari ini bisa terus menambah ilmu dan skill baik itu dari pendidikan formal maupun non formal, meskipun sudah mendapatkan pekerjaan.

“Karena semakin ke depan persaingan semakin ketat, kita harus menambah wawasan dan skill kita untuk memenangkan persaingan. Saya juga berpesan, jagalah almamater kita di mana pun anda berada,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Bahtera Palangka Raya H. Guntur Prawira mengatakan dalam sambutannya bahwa Yayasan Pendidikan Bahtera Palangka Raya melalui STMIK Palangka Raya turut berperan serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Kalteng dengan membekali ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Manajemen Informatika dan Komputer kepada generasi muda penerus bangsa.

“Kami mengharapkan wisudawan/wisudawati ini nantinya dapat bekerja di instansi Pemerintah maupun Swasta, dan bahkan dapat membuka lapangan kerja baru dengan menciptakan lapangan kerja sendiri, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan bagi Pemerintah provinsi dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan serta memajukan daerah Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Ketua STMIK Palangka Raya Suparno melaporkan bahwa jumlah mahasiswa yang aktif saat ini di STMIK Palangka Raya sebanyak 1.101 orang, dengan SDM tenaga kependidikan sebanyak 39 orang.

“Melalui Bapak Koordinator LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, kami berharap agar ada bantuan beasiswa studi lanjut bagi dosen PTS di Kalteng termasuk STMIK Palangka Raya, karena PTS di Kalteng secara tidak langsung merupakan aset Pemerintah daerah dalam meningkatkan kapabilitas dan kualitas SDM yang ada,” jelasnya.

Suparno juga berharap agar sertifikasi tenaga kependidikan atau sertifikasi tendik yang telah lama diwacanakan oleh Pemerintah dapat segera direalisasikan, sehingga kesejahteraan bagi tenaga kependidikan juga bisa meningkat.

Turut hadir unsur Forkopimda, Perangkat Daerah terkait, perwakilan Perguruan Tinggi Kota Palangka Raya, serta para wisudawan/wisudawati beserta orang tua.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng