Pemprov Gelar Upacara Kesaktian Pancasila

upacara dalam rangka memperingatan Hari Kesaktian Pancasila di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, (foto/mmckalteng/red)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO. ID – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar upacara dalam rangka memperingatan Hari Kesaktian Pancasila di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (1/10/2022).

Upacara secara virtual ini dilaksanakan secara terpusat di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya Jakarta Timur ini, yang dipimpin oleh Presiden RI Joko widodo dan mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”,

Upacara yang dilakukan setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya tersebut diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila untuk menjadi pengingat pentingnya Pancasila yang menjadi dasar negara bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI yang menyebabkan gugurnya pahlawan revolusi yaitu sejumlah perwira militer yang menjadi korban dari peristiwa Gerakan 30 September. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia perlu memperingati Hari Kesaktian Pancasila agar mengingat daya juang para Pahlawan Revolusi.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin, menuturkan, momentum ini mau memberikan pembelajaran bagi kita bahwa perjuangan untuk mempertahankan Pancasila itu tidak mudah.

“Oleh karena itu Pemprov mengajak seluruh masyarakat kota untuk tetap berpegang teguh pada Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara,” ungkap.Nuryakin.

Hal ini menurutnya sangat penting, dikarenakan tidak ada dasar negara lain yang mampu menyatuhkan kita sebagai bangsa yang majemuk terdiri dari berbagai macam suku, budaya, dan agama.

“Setiap kali kita memperingati Hari kesaktian Pancasila, tugas kita adalah menjaga, mempertahankan, dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam seluruh eksistensi kehidupan kita,” pungkasnya

Turut hadir unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng serta undangan lainnya.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng