SMANSA CUP Meriah, Siswa/Siswi Tampilkan Budaya Nusantara

Penampilan sebagian siswa-sisiwi SMAN 1 Pangkalan bun yang mengangkat tema nusantara. (foto/Suci Awwalya)

PANGKALAN BUN, KALTENGTERKINI.CO.ID – Setelah covid-19 melanda negeri kita, banyak sekali acara yang selalu diadakan setiap tahunnya, salah satunya SMANSA CUP.

Namun setelah dua tahun, akhirnya acara SMANSA CUP 2022 kembali diadakan secara offline (12-19/09/2022.) Tema SMANSA CUP ini mengusung tentang Budaya Nusantara, bahkan acara pembukaan SMANSA CUP dilaksanakan dengan sangat meriah dan penampilan khusus dari siswa-siswi kelas 10,11, dan 12 melalui tari kolosal untuk memperkenalkan budaya-budaya nusantara di negri tercinta ini.

Alasan SMANSA CUP tahun ini mengusung tema Nusantara karena banyak sekali generasi milenial yang melupakan kebudayaan Indonesia dan lebih menyukai budaya asing, “karena itu kami memilih tema tersebut dengan harapan agar anak-anak generasi milenial tetap melestarikan budaya yang kita miliki, khususnya budaya Kalimantan Tengah.” Pungkas ibu Tyas salah satu guru SMAN 1 Pangkalan bun.

Acara penutupan SMANSA CUP tahun ini pun juga berbeda dari sebelumnya, karena pada tahun ini panitia beserta beberapa siswa-siswi kelas 10,11, dan 12 berkolaborasi menampilkan sesuai dengan jargon SMANSA CUP tahun ini “Become One, Become Strong” yang mana membuktikan bahwa semua keluarga besar SMANSA berasal dari suku, agama,  ras, dan budaya yang berbeda tetapi tetap satu jua.

Dengan penampilan ini, “Kami ingin menyampaikan bahwa kekeluargaan SMANSA lah yang membuat SMANSA menjadi kuat. Dan kami berharap agar di SMANSA CUP yang akan datang, generasi selanjutnya bisa lebih kreatif dan inovati agar acara tahunan SMANSA CUP ini menjadi wadah aspirasi untuk menyalurkan bakat dan minat siswa-siswi khususnya di Kotawaringin Barat.” ujarnya ibu Tyas.

Penulis : (Suci Awwalya)

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: