Bupati Apresiasi Pecatur Anak Asal Mura Raih Juara Pertama Kejuaraan Catur di Malaysia

Rafa Firjatullah Pecatur Anak dari Murung Raya yang berhasil juara pertama Kejuaraan Catur di Malaysia. (foto/Riadi)

PURUK CAHU, KALTENGTERKINI.CO.ID – Pecatur Junior asal Murung Raya atas nama Rafa Firjatullah berusia 11 tahun yang saat ini duduk di kelas VI MIN 1 Murung Raya berhasil mengharumkan nama Indonesia, khususnya Kabupaten Murung Raya telah meraih juara pertama Kejuaraan Catur di Malaysia.

Usaha Rafa untuk mendapatkan juara pertama itu tentu tidak semudah yang dibayangkan. Ia harus bersaing dengan puluhan peserta lainnya.
Bahkan, Rafa mampu bersaing dari jumlah peserta sebanyak 97 orang di kejuaraan catur cepat 17 tahun Rapid Age Group Chess Championship 2022 di Kuala Lumpur, Malaysia yang diselenggarakan pada 4 september 2022.

Ia bermain di kelompok umur 12 tahun, yang diikuti oleh 6 Negara yaitu Malaysia, Indonesia, India, Singapura, Philipina dan China, dengan total jumlah peserta 97 orang.

Atas keberhasilan itu, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph sangat mengapresiasi dengan capaian yang diraih anak muda Murung Raya, apalagi sudah membawa nama harum daerah bahkan Indonesia.

“Kami sangat menapresiasi dengan capaian anak kita Rafa yang sudah meraih juara hingga membawa nama harum daerah di ajang internasional,” kata Bupati Perdie, Rabu (8/9/2022).

Sementara, Ketua Percasi Murung Raya Pahala Budiawan mengatakan, setelah menjuarai turnamen catur cepat 17 tahun Rapid Age Group Chess Championship 2022 di Malaysia, Rafa akan melanjutkan perjuangan lagi dengan mengikuti Turnamen Jafpa Festival Internasional dari tanggal 10 sampai 14 September 2022 di Jakarta.

“Ini semua dilakukan sebagai Try out persiapan mengikuti Kejuaraan Catur Junior Asia bulan oktober 2022 di Bali dimana Rafa termasuk dalam tim Junior Indonesia yang akan ikut berlaga,” kata Pahala.

Menurut Pahala yang juga merupakan kepala Bappedalitbang itu, keberhasilan ini tidak lepas berkat doa dan dukungan masyarakat Murung Raya, terutama Bupati Perdie M. Yoseph dan Wakil Bupati Rejikinoor, Sekda Hermon dan OPD terkait.

“Semoga dengan adanya Rafa akan muncul Rafa lainnya di semua cabang olahraga untuk mengharumkan nama Murung Raya, Provinsi Kalteng di dunia Internasional,”pungkasnya.

EDITOR:Ardi


SUMBER: