HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-77, Ini Pesan Gubernur Kalteng

Suasana peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun. (foto/Ahmad Prianto R.)

PALANGKARAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-77 Tahun.

Upacara dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya pada Rabu (17/8/2022) Pagi. Adapun sebagai inspektur upacara yakni Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Dalam pidatonya Gubernur Kalteng menyampaikan bahwa, Hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi seluruh Bangsa Indonesia. Atas berkah dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, kita semua dapat menikmati kemerdekaan, yang tepat hari ini menginjak 77 tahun. Kemerdekaan ini buah dari kegigihan perjuangan panjang para pahlawan bangsa.

“Tanpa kenal kata menyerah, pahlawan pendahulu mengorbankan tenaga, harta, dan bahkan tetesan darah dalam mengusir penjajah, demi kemerdekaan Bangsa Indonesia,” ucap Gubernur Kalteng.

Meski dihadapkan keadaan yang sangat sulit pada saat itu, para pahlawan tidak mengeluh, harapan terus dikobarkan, dengan menjunjung semangat gotong royong dan rasa persatuan berjuang sekuat tenaga melawan penjajah, untuk merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa.

Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia pada tahun 2022 kali ini mengusung tema besar “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, yang mencerminkan rasa optimisme seluruh komponen bangsa, untuk bersinergi mewujudkan harapan bersama agar Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat dari dampak pandemi COVID-19 menuju Indonesia Maju.

Selaras dengan tema besar tersebut, tentunya pihaknya berharap peringatan HUT ke-77 RI ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk semakin mempererat rasa kebersamaan, menumbuhkembangkan semangat gotong royong, dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita lanjutkan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pendahulu kita, dengan terus berkarya, sesuai bidang masing-masing, turut serta memajukan pembangunan dan kesejahteraan bangsa, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah,” ucap Gubernur Kalteng.

Dalam pidatonya dia menyampaikan sejumlah capaian indikator makro dan pembangunan di Kalteng, antara lain:Setelah dua tahun lebih pandemi COVID-19, pemulihan ekonomi mulai terjadi di semua wilayah namun dengan level pertumbuhan yang berbeda-beda.

Pada triwulan I Tahun 2022 pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,01% dan Kalteng mengalami pertumbuhan tertinggi se-Kalimantan yakni sebesar 7,32% dan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan kontribusi paling tinggi dari sektor Pertambangan dan Penggalian yang mencapai 26,80% dan kontribusi ekspor sebesar 14,76%.

Selain itu Nilai Gini Rasio tahun 2021 tercatat 0,323, turun dibandingkan tahun 2020 yang sebesar 0,329 (ketidakmerataan distribusi) serta Tingkat Kemiskinan per September 2021 sebesar 5,16 persen, jauh di bawah rata-rata nasional yakni 9,71 persen.

“Keberhasilan berbagai program pembangunan, baik yang sudah, sedang, maupun akan berjalan, tentu tidak lepas dari dukungan semua stakeholders dan elemen masyarakat. Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama dan kontribusi semua pihak dalam memajukan pembangunan di Kalimantan Tengah selama ini.” ucap Gubernur.

EDITOR:Ardi


SUMBER: