Selesaikan Tugas Akhir, 51 Persen Mahasiswa Kunjungi Perpustakaan

Hasil survei tentang alasan utama Pemustaka mengunjungi perpustakaan Provinsi Kalteng di Jalan AIS Nasution Nomor 11, Palangka Raya.

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Survei dilakukan selama lima hari, (20 – 24 Juni 2022) dengan metode tertutup kepada 100 responden yang terdaftar dalam database peminjaman buku secara online melalui whatsapp, secara acak.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng kepada Pemustaka yang aktif melakukan kunjungan ke perpustakaan Kalteng di Jalan AIS Nasution Nomor 11 Palangka Raya menunjukkan hasil bahwa perpustakaan masih menjadi tujuan para Pemustaka terutama mahasiswa untuk menyelesaikan riset tugas akhirnya.

Sebanyak 51% dari total 68 responden mengatakan bahwa alasan utama mengunjungi perpustakaan Provinsi Kalteng adalah untuk menyelesaikan tugas akhir.
Tercatat, ada 68 responden yang merespon balik, alasan utama mereka mengunjungi perpustakaan, dimana 51% mengerjakan tugas akhir, 28% menjawab mengerjakan tugas harian kuliah/sekolah, 19% menjawab santai membaca buku, dan 2% menjawab hanya mengantar/menemani teman .

Plt. Kadis Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng, Luqman Alhakim di ruang kerjanya, Jumat (1/7/2022), menyambut baik hasil survei ini, dan berharap Tim Riset Dispursip Kalteng secara rutin mengadakan survei seperti ini untuk mengetahui opini Pemustaka dan bisa dijadikan bahan evaluasi.

“Kalau dilihat dari hasil survei, perpustakaan jadi tempat favorit untuk Pemustaka mencari referensi dalam tugas akhir. Ini bisa jadi bahan evaluasi untuk meningkatkan koleksi buku kita dan membuat beragam,” sambungnya.

Perpustakaan Provinsi Kalteng saat ini diketahui memiliki 35.519 judul koleksi, 103.454 eksemplar dan Pemustaka juga telah dipermudah dengan aktifnya layanan pencarian buku, pembuatan kartu anggota dan peminjaman secara online di situs web dispursip.kalteng.go.id. Selain itu juga disediakan peminjaman buku dan pembuatan kartu anggota secara online melalui whatsapp 0822 5056 9900.

“Semua inovasi layanan di perpustakaan Kalteng ini kita berharap dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap literasi di Kalimantan Tengah, dan tercapainya kunjungan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, membawa masyarakat Kalimantan Tengah Makin Berkah,” tutup Lukman.

EDITOR:Ardi


SUMBER:Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng