Plt. Kadis Kominfosantik Puji Kinerja KIM. Desa Digital Sudah Ada di Sukamara

Diskominfosantik Provinsi Kalteng saat melakukan pembinaan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik di Diskominfo Kabupaten Sukamara. (foto/mmc/red)

SUKAMARA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfosantik Prov. Kalteng) melakukan pembinaan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) di Diskominfo Kabupaten Sukamara. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Diskominfo Kabupaten Sukamara, Senin (28/3/2022).

Dikutip dari laman resmi mmc.kalteng.go.id milik Pemerintah provinsi Kalteng. Pertemuan ini dipimpin langsung Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi. Dalam pertemuan hadir Kepala Diskominfo Kabupaten Sukamara Zulkifli beserta jajaran.

Beberapa hal yang disampaikan Plt. Kadis Kominfo Kalteng pada pertemuan tersebut, diantaranya mengenai peningkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) mulai dari Penguatan Tim PPID Utama, Asistensi Daftar Informasi Publik serta Tata Cara Uji Konsekuensi Daftar Informasi Dikecualikan. Selain itu, terkait Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mulai dari Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat bagi Kabupaten belum membentuk KIM, melaksanakan Pembinaan KIM di Kabupaten/Kota serta kunjungan ke Kabupaten/Kota yang memiliki KIM binaan.

Terakhir terkait, Pranata Humas. Sebagaimana diketahui, Tim Penilai Pranata Humas di Kalteng sudah dibentuk berdasarkan SK Gubernur Kalteng nomor 188.44/39/2020 tanggal 17 Februari 2019 tentang Tim Penilai JFT Pranata Humas Prov.Kalteng.

Usai melakukan pembinaan, Agus Siswadi beserta rombongan Dinas Kominfo Kalteng yang terdiri dari pejabat fungsional pranata humas meninjau KIM yang berada di Pantai Lunci Kabupaten Sukamara.

“Istimewa sekali, ternyata publikasinya dilakukan oleh teman-teman KIM yang dibentuk oleh Diskominfo Sukamara. Mereka yang aktif mempublikasikan ini ada empat sei. Ini punya masyarakat tapi komunikasi dan publikasinya dikelola oleh kelompok KIM yang dibentuk Kominfo Sukamara”, tutur Agus Siswadi saat berada di Pantai Lunci.

Agus Siswadi mengungkapkan bahwa Desa Digital sudah ada di Kabupaten Sukamara.

“Ini bagus untuk diikuti oleh Kabupaten-Kabupaten lain, mencari sesuatu yang belum ada lebih bagus, kalaupun sudah ada artinya sentuhan inovasinya yang harus kuat. Dengan adanya inovasi dan gagasan dari masyarakat yang sangat kuat keinginannya untuk pembangunan, Pemerintah akan fasilitasi lebih lanjut, itu harapan kita”, ungkapnya.

Plt. Kadis Kominfo Kalteng mengingingkan seluruh masyarakat di mana saja berada untuk mulai sekarang betul-betul aware, betul-betul terlibat dan memperhatikan berbagai perubahan yang dialami saat ini.

Sebagaimana yang diketahui, program-program yang dirancang atau yang disediakan oleh Kominfo memang dimaksudkan agar masyarakat punya kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang benar bagaimana menggunakan teknologi yang serba canggih di era digital ini.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng