Diperlukan Beragam Variasi Dalam Mengajar Daring agar Siswa Senang dan Tak Jenuh

Sigit Widodo

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID –  Kembali diberlakukannya kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi sekolah-sekolah, dan kembali menerapkan pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam jaringan (Daring).

Tidak jarang membuat tingkat kemampuan belajar anak menurun, oleh sebab itu guru dapat mempergunakan beragam variasi dalam mengajar daring, sehingga peserta didik merasa senang dan tak jenuh serta dapat mengikuti pelajaran secara efektif.

Menurut Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo, dalam kondisi saat ini, maka variasi pembelajaran daring menjadi keniscayaan untuk dikembangkan selama pelaksanaan PJJ.

“Berdasarkan data nasional terjadinya learning loss akibat pandemi, ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan belajar anak sekolah menurun cukup tajam,” ungkapnya, Kamis (17/2/2022).

Maka dari itu sambung politisi muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, ada baik pemerintah pusat maupun daerah dapat membangun kebijakan baru untuk metoda pembelajaran ke depan.

Pada pembelajaran daring itu sendiri, maka sejatinya guru mempunyai peran penting. Sehingga untuk melancarkan aktivitas belajar-mengajar daring, dibutuhkan variasi mengajar.

Variasi pada pembelajaran daring tersebut dapat dilakukan dengan cara virtual, berkelompok untuk berdiskusi, pemberian materi dalam bentuk video, rekaman, powerpoint, modul, lembar belajar, permainan dengan game quiz dan penilaian secara online.

“Apabila guru dapat mempergunakan beragam variasi dalam mengajar daring, maka peserta didik dapat senang, dan

merasa tak jenuh serta dapat mengikuti pelajaran secara efektif,” pungkasnya.

EDITOR:Heryanto


SUMBER: