Tim Dayung Kalteng Raih Medali Emas Pertama PON XX Papua

Akhirnya, Emas Pertama Kalteng di PON XX Papua, Cabor Dayung Terus Raih Medali. (foto/ist)

PALANGKARAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Tim Dayung Provinsi Kalimantan Tengah akhir berhasil meraih medali Emas pertama pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua, Selasa (12/10/2021).

Medali emas  pertama ini berhasil diraih  Cabor (cabang olahraga) Dayung Mix Team Traditional Boat Race 1000 M.

Setelah menyumbang 4 medali, cabor Dayung Kalteng akhirnya bisa menghentikan dominasi Jawa Barat.

Cabor Dayung Kalteng berhasil mencatat waktu 04:00:383.

“Pertandingan terberat kita hanya melawan Jawa Barat,” ucap Wilson U Maseh alias Kudith Kepala Sekretariat KONI Kalteng yang menyaksikan langsung di Papua.

Menurutnya, Kalimantan Tengah dan Jawa Barat selalu bersaing pada perebutan Emas.

Jabar adalah juara umum untuk cabor dayung. Jabar juga memiliki persiapan lebih matang, namun Kalteng masih bisa bersaing.

“Jabar itu 2 bulan sudah di Papua, kita 2 bulan baru mulai latihan. Kalteng dan Jabar bertanding ketat pada cabor Dayung”, ujar Wilson U Maseh.

Dikatakannya, tadi saja kami harus menunggu 15 menit siapa yang finis lebih dulu. Setelah keluar hasilnya baru semua bersorak.

“Para atlet sangat bersemangat dalam bertanding dan pantang menyerah, sehingga berhasil menyumbang medali emas,” katanya.

Selain itu cabor Dayung Mix Team Traditional Boat Race masih akan bertanding esok hari pada 2 nomor.

“Untuk besok masih ada Mix Team Traditional Boat Race 500M dan 200M. Kita meminta doa pada Warga Kalteng,” terangnya.

“Kita semua doakan para atlet dapat sapu bersih medali emas di sisa nomor yang dipertandingkan besok,” sebut Kudith lagi.

Kalimantan Tengah kini berhasil mengumpulkan 10 medali.

Perolehan medali untuk Kalteng yakni, 1 medali Emas, 5 medali Perak, dan 4 medali Perunggu.

Dengan raihan medali emas, Kalteng pada klasemen sementara naik peringkat.

Sementara, Wakil Gubernur Edy Pratowo di Palangka Raya, Selasa (12/10/2021) mengatakan atas prestasinya tim dayung akan mendapatkan bonus sebesar Rp100 Juta.

Dikatakannya, dirinya baru mendapatkan laporan dari Papua bahwa tim dayung berhasil mendapatkan medali emas untuk dayung.

“Alhamdulillah ini prestasi yang membanggakan bisa memperoleh 1 emas dan masih ada 2 emas lagi yang masih diperebutkan semoga bisa kita raih juga,” ujarnya.

Untuk kemenangan ini lanjut Wagub, Pemprov Kalteng dan KONI Kalteng menyiapkan bonus sebesar Rp100 Juta untuk tim dayung.

“Ini adalah apresiasi kami dengan Pak Gubernur Sugianto Sabran atas prestasi yang diraih atlet Kalteng ini,” ujarnya. (dan)

EDITOR:


SUMBER: