Sungai Kahayan Meluap, Beberapa Desa di Banama Tingang Pulpis Terendam Air

Ist – Personil Polsek Banama Tingang Cek kondisi Air di beberapa Desa.

PULANG PISAU, KALTENG TERKINI.CO.ID

Banjir musiman kembali merendam beberapa desa di Wilayah Kecamatan, Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis). Banjir itu terjadi akibat meluapnya air sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan di Kecamatan setempat.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Banama Tingang Iptu Rino Heriyanto, saat dihubungi rekan media, Senin (30/08/2021).

“Benar mas, beberapa Desa di Kecamatan Banama Tingang terendam air. Ini kita terus lakukan monitoring perkembangan air,” ucapnya.

Rino sapaan akrab Kapolsek Banama Tingang itu mengatakan, pihaknya secara rutin terus melakukan pengecekan perkembangan debit air di desa-desa yang terdampak banjir musiman tersebut, dengan melibatkan seluruh personil Polsek Banama Tingang.

“Berdasarkan hasil monitoring, saat ini debit air DAS Kahayan di Kecamatan Banama Tingang mengalami kenaikan, 0,5 Cm hingga 0,7 Cm dari hari sebelumnya,” kata Rino.

Untuk Desa yang terendam, lanjut Rino, meliputi Desa Pahawan, Desa Ramang, Desa Hanua, Desa Hurung serta Desa Lawang Uru. Dengan ketinggian air berkisar antara 10 cm hingga 35 cm.

Saat ini, banjir tersebut mengakibatkan beberapa permukiman, fasilitas umum serta akses jalan tergenang, akan tetapi masih dapat digunakan. Dan juga, hal itu tidak berpengaruh atau menghambat Akses Jalan Penghubung Lintas Palangkaraya-Kuala Kurun karena sebagian besar berada didataran tinggi.

“Air setinggi lutut orang dewasa. Kenaikan air terjadi sejak Minggu (39/08/2021) kemaren,” jelas Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek menuturkan, pihaknya juga telah membuat dan memasang spanduk himbauan, kepada masyarakat agar senantisa tetap berhati-hati.

Karena, jika intensitas hujan terus meningkat, terutama di daerah Hulu DAS Kahayan, maka dapat dipastikan debit air dibeberapa Desa di Wilayah Kecamatan Banama Tingang akan terus naik.

“Kami menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan Banama Tingang yang debit airnya mulai meningkat, diharapkan menjaga dan mengawasi anak-anaknya agar tidak bermain disekitar area banjir, untuk menghindar hal-hal yang tidak diinginkan,” pesan Kapolsek.

(Dicky / Mg PP)

EDITOR:


SUMBER: