Pemkab Pulpis Tetapkan Status Waspada Banjir

Ist – Kalaksa BPBD Pulpis H Salahuddin.

PULANG PISAU, KALTENGTERKINI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) menetapkan status waspada banjir.

Hal ini ditetapkan sebagai warning untuk meningkatkan kewaspadaan sejak dini, melihat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulpis, H. Salahudin menjelaskan statu waspada banjir itu berdasarkan warning dari BMKG bahwa untuk seluruh wilayah di Kalimantan termasuk di Pulpis diminta untuk menetapkan status waspada banjir.

“Diitetapkannya status waspada banjir ini dikarenakan faktor cuaca yang cukup ekstrim, curah hujan tinggi dan ditambah adanya kemungkinan peninggian permukaan air laut,” kata Salahudin.

Ia juga mengungkapkan, wilayah Pulpis ada beberapa daerah yang menjadi atensi, yakni di Kecamatan Kahayan Tengah ada 3 desa, Kecamatan Banama Tingang ada 13 Desa, dan 2 desa ini berada di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan.

“Untuk 2 Kecamatan ini sangat rawan akan terjadi bencana banjir,” ucapnya.

Sedangkan untuk beberapa desa yang berada di wilayah pinggiran laut jawa, seperti di Kecamatan Sebangau Kuala sudah mengalami peninggian yang cukup siknifikan.

Bahkan menurutnya berdasarkan laporan Kepala Desa sudah ada beberapa rumah yang sempat terendam.

“Untuk laporan terakhir di Kecamatan Sebangau Kuala sudah mulai surut, dan ombak sudah mereda,” ungkapnya.

Ia berharap kepada masyarakat yang berada di pinggiran sungai, termasuk masyarakat yang berada di pinggir laut jawa agar waspada, terutama untuk aktivitas kegiatan kelaut agar ditunda dulu.

“Kita tetap melakukan kontrol dengan kontak beberapa kepala desa, untuk melaporkan dan dengan update secara harian tentang kondisi permukaan air di wilayah masing-masing,” tutupnya.

(Pri)

EDITOR:


SUMBER: