Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Lebih Tinggi se Kalimantan

 Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Lebih Tinggi se Kalimantan

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id – Berbeda arah dengan perekonomian global dan domestik, ekonomi Kalimantan secara umum dan Kalimantan Tengah secara khusus yang mengalami pertumbuhan yang meningkat, didorong dengan kinerja pertambangan batu bara yang terjaga.

Pertumbuhan ekonomi Kalimantan pada triwulan I tahun 2019 tumbuh sebesar 5,33 persen (yoy) dan triwulan II tumbuh 5,65 persen (yoy). Secara umum pertumbuhan ekonomi Kalimantan dipengaruhi oleh sektor pertambangan dan ekspor.

Dari sisi Pertambangan, adanya peningkatan produksi yang didorong permintaan dari negara Asean dan Tiongkok yang terjaga. Dan dari sisi Ekspor tetap terjaga ditengah penurunan permintaan global.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah (Kalteng) lebih tinggi yakni pada triwulan I tumbuh sebesar 6,03 persen (yoy) dan pada triwulan II naik menjadi 7,67 persen (yoy)

Secara umum pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah dipengaruhi oleh empat sektor yakni Pertambangan, terjaganya produksi ditopang permintaan Jepang, kedua Ekspor yang tetap terjaga ditengah penurunan permintaan global. Ketiga, Konsumsi Pemerintah yaitu penyelenggaraan Pemilu dan pembayaran THR dan ke empat adalah Konsumsi Rumah Tangga, meningkatnya permintaan pada bulan ramadhan dan Idul Fitri.

Hal ini diungkapkan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Setian pada acara Pembangunan Ekonomi Melalui Sektor Industri Desiminasi Laporan Perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah di Swissbell Hotel Danum Palangka Raya, Kamis (10/10/2018).

Lebih lanjut dikatakan Setian, ekonomi Kalimantan Tengah tumbuh lebih tinggi dibandingkan provinsi lain di tingkat regional. Pertumbuhan ekonomi Kalteng ini menempati urutan kedua se Kalimantan yakni pada triwulan II 2019 sebesar 7,67 persen (yoy) setelah Kaltara sebesar 7,87 perse (yoy).

Ekonomi Kalteng tumbuh didorong dari sumber daya alam yakni sektor pertanian sebesar pertanian, kehutanan dan perikanan sekitar 19,38 persen, kkb industri pengolahan 14,35 persen, perdagangan besar dan eceran 13,28 persen, pertambangan dan penggalian 12,22 persen, konstruksi 9,45 persen dan lainya 31,31 persen.

Ekonomi Kalteng secara umum masih dominan dengan perkebunan kelapa sawit dan industrinya, terangnya. (dn)

EDITOR:


SUMBER: