Presiden Joko Widodo Tertarik dan Kenakan Topi Rotan Khas Kalteng

 Presiden Joko Widodo Tertarik dan Kenakan Topi Rotan Khas Kalteng

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id – Suatu kebanggaan bagi masyarakat Kalteng khususnya bagi pelaku usaha kerajinan tangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pasalnya Presiden RI Joko Widodo sangat tertarik dengan topi rotan khas Kalteng dan langsung mengenakanya pada acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang digelar selama tiga hari (12 – 14 Juli 2019) di JCC Jakarta.

Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Wuryanto mengatakan Karya Kreatif indonesia adalah ajang untuk promosi UMKM unggulan binaan BI seluruh Indonesia, yang digelar secara rutin setiap tahun.

Untuk event KKI 2019 ini BI Kalteng membawa sebanyak 5 orang pelaku usaha UMKM binaan BI yakni kerajinan batu, kerajinan rotan, kain batik, lukisan etnik khas Kalteng, dan makanan khas Kalteng.

Dalam ajang ini, booth Kalteng mendapat kesempatan dikunjungi Presiden RI Joko Widodo, ibu Riana Joko Widodo dan ibu Hj. Mufidah Jusuf Kala selaku Ketua Dekranas, ucap Wuryanto.

Pada kunjungan tersebut, lanjutnya Presiden Jokowi tertarik pada kerajinan rotan khas Kalteng. Topi rotan yg dipajang, langsung dibeli dan dipakai oleh Presiden.

“Beliau berpesan kepada pelaku usaha untuk terus meningkatkan kualitas rotan yang merupakan produk unggulan dan khas Kalteng, sehingga mampu menembus pasar ekspor. Jangan lupa juga, menggunakan e-Commerce untuk memasarkan produknya,” imbuhnya.

Menurutnya, Presiden juga berterima kasih dan mengapresiasi BI yang tak henti-hentinya membina UMKM, sehingga bisa memasarkan produknya secara digital dan ekspor.

KKI ini adalah ajang untuk lebih mengenalkan produk UMKM Kalteng secara nasional, dan ini kesempatan langka.

“Makanya harus dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, branding produk kita juga belum banyak dikenal oleh masyrakat nasional, makanya perlu terus meningkatkan kualitas dan jangkauan pemasarannya”, harap Wuryanto.

Ke depan, kata dia, Kalteng harus sering membuat event-event untuk lebih memasarkan dan mengenalkan produknya UMKM-nys sehingga produk unggulan Kalteng lebij dikenal secara nasional.

Selain itu, pemasaran secara digital atau online terhadap produk UMKM harus lebih diperluas. Untuk menuju ke sana, UMKM kita hrs mengenal fintech/digital, pesannya.(ed)

EDITOR:


SUMBER: