Siswa Dibekali Ilmu Kepariwisataan

 Siswa Dibekali Ilmu Kepariwisataan

SAMPIT, kaltengterkini.co.id -Puluhan siswa sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mendapat bekal pengetahuan tentang kepariwisataan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang diimplementasikan melalui pelatihan dasar SDM kepariwisataan “Goes To School” tersebut dibuka secara langsung Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan.

“Pelatihan pada generasi muda ini bertujuan memberikan pengetahuan kepariwisataan kepada genarasi muda, khususnya pelajar. Ini merupakan program guna menunjang tenaga kerja pariwisata kedepan,” ungkap Guntur usai kegiatan tersebut, baru-baru ini.

Menurut Guntur, generasi muda ini dapat menjadi motor penggerak kepariwisataan, mengingat cara berfikir generasi muda dapat membuka wawasan dan kepedulian terhadap pariwisata daerah.

“Maka itu Disbudpar ingin menggugah kesadaran mereka untuk menjadi agen maupun informan potensi pariwisata di Kalteng,” ujarnya.

Saat ini lanjut Guntur, Kementerian Pariwisata berupaya memberikan pelatihan SDM bagi para generasi muda, terutama pelajar, yakni dengan pemberlakukan standar komptensi kepariwisataan yang sudah disepakati seluruh negara-negara di AsIa.

“Jangan sampai nantinya, masyarakat kita hanya menjadi penonton, kalau SDM kepariwisataan ini sudah siap, tentu kita bisa bersaing,” tuturnya.

Perlu diketahui tambah Guntur, Pemerintah Provinsi Kalteng, telah menetapkan sejumlah sektor pembangunan yang serius untuk dikembangkan. Salah satunya adalah sektor kepariwisataan.

“Sektor kepariwisataan ini juga sejalan dengan prioritas pembangunan nasional. Bahkan nomor dua setelah sektor pembangunan pangan,” tutupnya.

Adapun dalam kegiatan pelatihan dasar SDM kepariwisataan Goes To School bagi peserta didik pada jenjang SMA sederajat se Kabupaten Kotawaringin Timur tersebut dihadiri Kadisbudpar Kotim, Fajurahman serta sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Kotim maupun puluhan guru dan siswa peserta latihan. VE

EDITOR:


SUMBER: