Realisasi PAD Objek Wisata Disbudpar Kalteng Lampaui Target

Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Meskipun terdampak pandemi Covid-19, namun realisas Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng yang bersumber dari pendapatan retribusi daerah di bidang pariwisata, pada tahun 2021 melampaui target.

Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan menjelaskan, pendapatan retribusi dari bidang pariwisata itu mampu mencapai realisasi sebesar 111 persen.

“Target awal kami rencanakan 48 juta. Tenyata bisa mencapai 55 juta rupiah lebih atau mencapai realisasi 111 persen. Realisasi ini tercatat sampai dengan tanggal 11 November 2021,” sebutnya, Kamis (11/11/2021).

Menurut Guntur, realisasi retribusi pendapatan bidang pariwisata itu tentu menjadi capaian yang baik, mengingat situasi di tahun 2021 masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Lokasi wisata kuliner cafe sungai Kahayan. (foto/ist)

Adapun capaian pendapatan retribusi tersebut diperoleh dari bidang pariwisata yang dikelola dibawah Disbudpar Kalteng. Diantaranya retribusi dari kegiatan Taman Budaya, wisata edukasi Museum Balanga, serta wisata kuliner Cafe Sungai Kahayan.

Capaian ini imbuh Guntur, tidak lepas dari dukungan pelaku wisata serta bidang-bidang pada Disbudpar Kalteng, yang terus melakukan berbagai strategi serta inovasi dalam mengembangkan sektor kepariwisataan.

“Saat ini sejumlah obyek dan tempat wisata kembali dibuka. Namun semuanya tetap dengan penerapan protokol kesehatan. Ketentuan itu harus bisa dijalankan, dengan begitu aktivitas usaha wisata dapat terus berjalan,”ujarnya.

Ditanya bagaimana untuk target PAD tahun 2022, terkait hal tersebut ungkap Guntur, tentu volume target akan lebih ditingkatkan lagi, sembari diimbangi dengan pengembangan bidang kepariwisataan potensial. (dan)

EDITOR:


SUMBER: