Kadishub: Mudik Gratis Idulfitri 1445 H Buka Empat Rute

Yulindra Dedi

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Mudik Gratis bagi masyarakat untuk menyambut libur Idulfitri 1445 Hijriah masih dibuka. Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedi mengatakan melakukan pemantapan terakhir dengan pihak BPTD, Jasa Raharja, kemudian PO-PO bus.

“Nantinya akan ada empat rute yang lebih panjang dari sebelumnya, yaitu Banjarmasin, Pangkalan Bun, Sampit, dan Bahaur,” sebutnya dj Aula Jayang Tingang. Rabu, (27/3/2024).

Terkait Armada bus yang akan mengantar penumpang akan dikerahkan 12 Bus, enam Bus tujuan ke Banjarmasin, enam Bus ke Pangkalan Bun, kemudian di sampit ada dua Bus, ke Bahaur ada dua Bus.

“Informasi terakhir, kuota Pangkalan Bun itu sudah penuh, kemudian yang masih tersisa ini kuota yang ke Banjarmasin. Tapi ini kan masih berlanjut hingga sebelum tanggal 7 April untuk segera memverifikasi untuk mendaftar. Pelaksanaan tetap tanggal 7 April di Terminal WA Gara Palangka Raya,” jelasnya.

Dedi mengungkapkan kurang lebih 500 lebih pemudik yang difasilitasi melalui angkutan darat. “Prediksi kita adanya peningkatan kurang lebih 17%, jadi kurang lebih 170an orang dibandingkan tahun lalu 140an. Tapi tetap didominasi oleh angkutan laut, terutama ke arah Jawa Timur. ” sambungnya.

Dedi mengimbau bagi masyarakat yang mau melakukan mudik agar mempersiapkan, menyusun perencanaan secara matang, ataupun mencari tiket dari jauh-jauh hari.

“Artinya betul-betul persiapan, memperhatikan kesehatan, dan selama perjalanan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Perihal Posko nanti akan disinergikan dengan operasi Ketupat Telabang, kemarin informasi dari kawan-kawan Dirlantas Polda, Posko akan dimulai tanggal 5-16 Maret masuk pengawasan terkait lalu lintas,” tutupnya.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: