Sekda : Perlunya Perhatikan Enam Aspek Peningkatan Pelayanan Publik Bagi Perangkat Daerah

Sekda Nuryakin bersama narasumber Fahrul Rizal beserta perangkat daerah Kab/kota se-Kalteng. (foto/Ceta D. Cahyono)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Nuryakin membuka Sosialisasi Pemantauan Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik bagi perangkat daerah se-Kalteng tahun 2024.

Sebelum membuka kegiatan ini sekda berpesan agar perangkat daerah mengoptimalkan pelayanan publik dengan mengutamakan kepentingan masyarakat, standar profesional, ketaatan pada hukum, efisiensi dan efektivitas, serta kepuasan masyarakat. Selasa, (27/2/2024).

“Juga menggunakan aspirasi masyarakat menjadi referensi utama dalam menentukan arah kebijakan dan pembangunan sistem pelayanan publik. Kualitas pelayanan publik menjadi kunci memenuhi harapan masyarakat dan membangun kepercayaan publik yang positif,” sebutnya.

Sekda menambahkan, perlunya upaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik, yang meliputi enam aspek, yaitu kebijakan pelayanan publik, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

“Kemudian, ada cara mengetahui seberapa berkualitas sebuah kinerja pelayanan publik, yaitu dengan cara adanya data penilaian terhadap kinerja pelayanan sebagaimana dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik,” tambahnya.

Nuryakin berharap melalui penilaian kinerja ini dapat mendorong perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan terhadap maladministrasi, melalui pemenuhan standar pelayanan, pemenuhan sarana prasarana, peningkatan kompetensi penyelenggara layanan, serta kualitas pengelola pengaduan pada tiap unit penyelenggara pelayanan publik.

“Ini akan menjadi momentum yang tepat dalam percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik yang terukur, serta penetapan prioritas pelaksanaan Forum Konsultasi Publik, dalam rangka transparansi dan efektivitas penyelenggaraan pelayanan publik pada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Kalimantan Tengah,” harap Nuryakin.

Kegiatan ini menghadirkan Analis Kebijakan Madya Fahrul Rizal mewakili Plt Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB sebagai narasumber. Turut hadir Plh Kepala Biro Organisasi Setda Prov Kalteng Betri Susilawati, Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: