Optimalkan Manfaat Jaminan Kesehatan, Sahli Gubernur Ajak Seluruh Stakeholders Sukseskan Program Strategis Nasional JKN KIS

Forum Komunikasi pemangku kepentingan Utama Wilayah Prov. Kalteng, Semester I Tahun 2023. (Foto/mmckalteng)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Untuk terus membantu dan melayani masyarakat agar jaminan kesehatan dan pelayanan BPJS berjalan secara optimal Pemerintah Provinsi mengajak seluruh stakeholder untuk sukseskan program JKN KIS.

Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Suhaemi membuka secara resmi Forum Komunikasi pemangku kepentingan Utama Wilayah Provinsi Kalteng, Semester I Tahun 2023, bertempat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (31/5/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Direksi Wilayah VIII BPJS Kesehatan Mohammad Iqbal Anas Maruf, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait serta Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Sampit dan Muara Teweh.

Mengawali sambutannya, Sahli KSDM Suhaemi menyampaikan pertemuan ini merupakan salah satu rangkaian upaya bersama dalam membangun dan meningkatkan komunikasi dengan seluruh stakeholders sehingga terjalin kerjasama yang baik serta memiliki kesamaan persepsi yang bertujuan untuk mensukseskan program strategis nasional yaitu program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).

“Dimana program ini adalah merupakan amanah dari Undang-Undang Dasar 1945. Jaminan kesehatan adalah salah satu jaminan sosial yang di kelola oleh BPJS kesehatan”, ucap Suhaemi.

Lebih lanjut disampaikan, implementasinya merupakan tanggung jawab bersama lintas sektoral antara pemerintah pusat, daerah, penyelenggara jaminan sosial, penyedia layanan kesehatan, dan lembaga atau organisasi,komunitas maupun masyarakat. Tujuannya adalah bagaimana agar program JKN KIS ini dapat berjalan optimal dan setiap peserta mudah dalam memperoleh manfaat jaminan kesehatan yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan mencakup layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam rangka mensukseskan program jaminan kesehatan nasional sesuai dengan RPJMN tahun 2020-2024 maka perlu adanya langkah nyata agar program JKN KIS ini dapat berjalan dengan baik dan dirasakan oleh peserta khususnya di Provinsi Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, Suhaemi mengajak seluruh stakeholders berpartisipasi untuk mensukseskan program ini dengan memberikan sumbang saran serta solusi terhadap berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program JKN KIS ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung program JKN KIS di Provinsi Kalimantan Tengah sehingga pada tahun 2023 tepatnya pada tanggal 14 Maret 2023 Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan Piagam UHC Award dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia. Pencapaian tersebut tidak terlepas dukungan dari semua pihak”, tutupnya.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng