Sekolah Swasta Terkesan Dianaktirikan

Rinie Anderson

SAMPIT, KALTENGTERKINI.CO.ID – Dinas Pendidikan kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diingatkan untuk menjadi pembina bagi semua sekolah di Kotim, termasuk sekolah swasta. Hal ini menyikapi persoalan sekolah swasta yang belakangan ini terkesan seperti dianaktirikan.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Kotim Rinie Anderson, kemarin.

Rinie menambahkan sekolah swasta sejatinya punya peran yang sama dengan sekolah negeri, disitu terjadi proses pendidikan serupa sehingga tidak ada alasan bagi kita khususnya pemda untuk tidak memperhatikan sekaligus membina sekolah swasta sesuai tingkatannya.

Rinie mengatakan dirinya belakangan ini aktif meninjau dan melihat langsung sekolah swasta. Dirinya merasa prihatin dengan kondisi sekolah swasta yang semakin hari semakin minim perkembangannya. Hal ini tentunya jadi atensi khusus pemda.

Salah satu persoalannya, sekolah negeri setiap tahunnya selalu menambah rombongan belajar atau kuota siswa, dampaknya sekolah swasta tidak kebagian murid.

“Maka dari itu dinas Pendidikan Kotim mesti sudah mulai merancang bagaimana pembatasan kuota siswa di sekolah negeri. Jangan kita menambah terus kuota di negeri akibatnya sekolah swasta tidak ada muridnya, karena di daerah kita ini stigmanya masih berkutat kepada sekolah negeri saja sedangkan swasta dianggap sebagai pilihan terakhir,” katanya.

Menurut Rinie, tidak hanya dipelosok sekolah swasta yang memprihatinkan, di daerah perkotaan pun begitu. Padahal inovasi pendidikan yang dilaksanakan tidak kalah lebih maju baik dari system dan pola pendidikannya yang kekinian.

EDITOR:Hendra C.


SUMBER: