Keberadaan Forsesdasi Miliki Posisi dan Peran Strategis Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Asisten Bidang Administrasi Umum Sri Suwanto mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng menghadiri Rapat Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Kalteng. (foto/mmckalteng/red)

Palangka Raya,KALTENGTERKINI.CO.ID – Peran sekretaris daerah tidak kalah penting dari para pejabat lain yang duduk di Dinas dan Kepala unit atau SOPD lainnya, terkadang disetiap moment sekda lebih banyak hadir untuk mewakili kepala pemerintahan untuk menyampaikan, memberikan arahan dan pidato dari Kepala daerah baik itu, Gubernur, Walikota atau Bupati agar program dan jalannya roda pemerintahan itu bisa berkesinambungan serta selaras dengan visi- misi Kepala Daerah kepada para stakeholder yang ada di satuan Pemerintahah baik pusat dan daerah,serta menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

Asisten Bidang Administrasi Umum Sri Suwanto mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng menghadiri Rapat Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Kalteng, bertempat di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Selasa (29/11/2022).

Rapat ini mengangkat tema “Peran Sekretaris Daerah Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024″ dan dibuka oleh Bupati Katingan Sakariyas.

Sri mengatakan posisi dan peran strategis Sekretaris Daerah sangat menentukan bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah, dimana tugas dan fungsinya membantu Kepala Daerah dalam perumusan kebijakan, koordinasi pelaksanaan tugas serta pelayanan administrasi.

“Saya berharap agar Forsesdasi menjadi organisasi yang bebas politik dan eksklusif serta tidak menjadi beban bagi Pemerintah daerah, tetapi menjadi organisasi yang mampu memberikan konsepsi atau pemikiran terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah,” ucapnya.

Lebih lanjut Sri berharap forum ini dapat menginventarisir permasalahan peraturan maupun penerapannya di daerah agar dapat menghasilkan suatu rekomendasi kepada Pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti dengan melakukan revisi terhadap ketentuan perundang-undangan terkait pemerintahan daerah, terutama permasalahan-permasalahan pasca dilaksanakannya penyederhanaan birokrasi.

“Hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama di daerah, yaitu berupaya membangun komitmen dan memimpin transformasi budaya kerja yang menjadikan kita sebagai role model dan main supporting system dalam penerapan core values BerAKHLAK dengan employer branding Bangga Melayani Bangsa,” imbuhnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kota Palangka Raya selaku Ketua Pengurus Komisariat Wilayah Forsesdasi Hera Nugrahayu menyatakan bahwa akan ada tantangan menuju tahun politik 2024, yaitu isu-isu strategis yang akan dibahas dalam rapat ini.

“Mari kita jaga kondisi daerah masing-masing tetap kondusif di tengah berbagai tantangan yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Katingan Prangsang dalam laporannya menjelaskan, tujuan rapat ini adalah untuk merumuskan kebijakan strategis dalam rangka tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik dengan meningkatkan kapasitas penyelenggaraan Pemerintah daerah, serta menjaga kestabilan pemerintahan di segala aspek menjelang Pilkada serentak tahun 2024.

Saat membuka rapat Bupati Katingan Sakariyas mengungkapkan bahwa tugas Sekretaris Daerah berkaitan dengan administrasi dalam pemerintahan.

“Tugas Sekda sangatlah berat, urusan semua pegawai adalah urusannya Sekda,” bebernya.

Ia juga mengatakan Sekretaris Daerah juga menjadi Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Diharapkan kepada seluruh Sekda agar bisa bekerja sama dengan DPRD di wilayahnya masing-masing, harus adanya komunikasi yang terjalin agar semua bisa diselesaikan dengan baik,” harapnya.

Sebagai informasi, acara Rapat Komisariat Wilayah Forsesdasi Provinsi Kalteng ini bertindak selaku tuan rumah acara adalah Pemerintah Kabupaten Katingan yang diselenggarakan di Kota Palangka Raya. Turut hadir Sekda kabupaten se-Kalteng serta Kepala Perangkat Daerah provinsi, kabupaten dan kota se-Kalteng terkait

EDITOR:


SUMBER:Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng