Disbun Kalteng Bekali Petani/Pekebun Kopi dan Kakao dalam Rangka Pengembangan Produksi dan Kualitas

Suasana pembukaan Temu Teknis Petani Kopi dan Kakao se- Kalteng. (foto/Ahmad Prianto R.)

PALANGKARAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendukung pembentukan dan penguatan kelembagaan Petani/Pekebun Kopi dan Kakao, dalam rangka pengembangan produksi kedua jenis komoditas tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perkebunan Provinsi, melalui Kabid Perbenihan dan Budidaya Disbun Kalteng, Ovi Luthfia Faizal usai membuka acara Temu Teknis Petani/Pekebun Kopi dan Kakao se- Kalteng, bertempat di Ballroom Hotel Global, Palangka Raya, Rabu (23/11/2022) Sore.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, kita ingin memberikan pembekalan kepada petani/pekebun kopi dan kakao yang ada di Kalteng, dari sisi kelembagaannya,” ucap Faizal saat diwawancarai oleh sejumlah awak media.

Lanjutnya, sisi kelembagaan sangat penting bagi para petani/pekebun kopi/kakao, mengingat jika mereka bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya koordinasi, maka ada semacam kurangnya informasi. Sehingga dengan membentuk kelembagaan, proses transformasi ilmu pengetahuan hingga pemasaran dapat dikelola dengan baik.

Apalagi jika ada program-program bantuan untuk para petani/pekebun kopi dan kakao, sangat jarang ada yang diberikan kepada per individu, namun diberikan kepada kelompok atau lembaga. Selain itu, dari sisi teknis pihaknya juga membekali para petani/pekebun kopi dan kakao ini dengan ilmu pengetahuan budidaya tanaman kopi dan kakao.

“Untuk goalnya pengembangan kopi dan kakao di Provinsi Kalteng agar dapat berkembang dengan baik. Hasil produksinya juga diharapkan cukup baik, sehingga bisa memenuhi kebutuhan kopi dan kakao di wilayah Provinsi Kalteng.” tuturnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan nantinya, kopi dan kakao dari Provinsi Kalteng dapat menjangkau hingga ke luar daerah. Mengingat ada juga olahan kopi lokal yang saat ini banyak digunakan khususnya di kafe atau restoran yang ada di Kalteng.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: