Gubernur Kalteng Sampaikan Sejumlah Capaian Indikator Makro dan Pembangunan

Suasana peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun. (foto/Ahmad Prianto R.)

PALANGKARAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-77 Tahun.

Upacara dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya pada Rabu (17/8/2022) Pagi. Adapun sebagai inspektur upacara yakni Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Dalam pidatonya, Gubernur Kalteng menyampaikan sejumlah capaian indikator makro dan pembangunan di Kalteng.

“Setelah dua tahun lebih pandemi COVID-19, pemulihan ekonomi mulai terjadi di semua wilayah namun dengan level pertumbuhan yang berbeda-beda. Alhamdulillah, pada triwulan I Tahun 2022 pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,01 persen dan Kalimantan Tengah mengalami pertumbuhan tertinggi se-Kalimantan yakni sebesar 7,32 persen dan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional,” ucap Gubernur.

Dia menambahkan bahwa kontribusi paling tinggi dari sektor Pertambangan dan Penggalian yang mencapai 26,80 persen dan kontribusi ekspor sebesar 14,76 persen .
Selain itu nilai Gini Rasio tahun 2021 tercatat 0,323, turun dibandingkan tahun 2020 yang sebesar 0,329 (ketidakmerataan distribusi).

Adapun tingkat Kemiskinan per September 2021 sebesar 5,16 persen, jauh di bawah rata-rata nasional yakni 9,71 persen dan tingkat Pengangguran Terbuka Per Februari 2022 sebesar 4,20, yang juga jauh di bawah rata-rata nasional yakni 5,83 persen.

Selain itu Indeks Pembangunan Manusia tahun 2021 mencapai angka 71,25, meningkat 0,20 dibanding IPM 2020 yang sebesar 71,05. Selanjutnya Pemerintah Provinsi Kalteng kembali mendapatkan predikat Opini WTP dari BPK RI atas Laporan Keuangan Tahun 2021, yang merupakan keberhasilan kedelapan kalinya secara berturut-turut.

“Apresiasi juga saya ucapkan kepada instasi Kabupaten/ Kota yang juga dapat mempertahankan opini WTP untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan,” tutur Gubernur.

Selain itu Pendapatan Asli Daerah atau PAD Kalteng terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Walaupun sempat menurun akibat pandemi COVID-19, pada tahun 2021 realisasi PAD naik menjadi Rp 1,851 Triliun dari target Rp 1,702 Triliun. Selanjutnya, pada tahun 2022 ini hingga 28 Juli realisasi PAD berada diangka Rp 1,388 Triliun dari target Rp 2,5 triliun.

Selain upaya peningkatan kualitas infrastruktur, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kalteng, sejumlah program strategis pembangunan juga sedang dilaksanakan, seperti program Strategis Nasional Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, serta pembangunan Kawasan Shrimp Estate budidaya Udang Vaname di Kabupaten Sukamara.

Keberhasilan berbagai program pembangunan, baik yang sudah, sedang, maupun akan berjalan, tentu tidak lepas dari dukungan semua stakeholders dan elemen masyarakat.

“Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama dan kontribusi semua pihak dalam memajukan pembangunan di Kalimantan Tengah selama ini.” ujarnya.

EDITOR:Ardi


SUMBER: