Pemprov Kalteng akan Bangun Kampung Budidaya Ikan di Pulpis

Kepala Dinas Kelutan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, H. Darliansjah saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Mantaren II, Kabupaten Pulang Pisau. (foto/mmc/red)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Kepala Dinas Kelutan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, H. Darliansjah mengatakan pembangunan Kampung Budidaya Ikan dapat memberikan dampak kepada peningkatan produksi perikanan. Hal tersebut diungkapkan H. Darliansjah saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Mantaren II, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (24/2/2022).

Untuk diketahui, Kampung Budidaya Ikan akan dibangun di Kabupaten Pulang Pisau dengan komoditas Ikan Papuyu (Betok), Kabupaten Kotawaringin Timur dengan komoditas Ikan Jelawat, Kabupaten Kotawaringin Barat dengan komoditas Ikan Gabus, Kabupaten Kapuas dengan komoditas Ikan Patin, dan Kota Palangka Raya dengan komoditas Ikan Baung.

Menurut Darliansjah, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran sangat berkomitmen dan mendukung perngembangan sektor kelautan dan perikanan di Kalimantan Tengah dalam peningkatan produksi perikanan, salah satunya dengan peningkatan produksi ikan lokal yang mempunyai keunggulan, nilai tambah dan daya saing yang pasarnya semakin luas sampai ke pasar global dan bahkan ekspor.

Kampung Budidaya Ikan ini merupakan pengembangan dari berbagai jenis komoditas tertentu dari suatu desa atau daerahnya yang mampu meningkatkan kesejahteraan di daerah tersebut.

Pada dasarnya Kampung Budidaya Ikan ini merupakan pengembangan dari komoditas yang sudah ada di daerahnya masing-masing yang menjadi komoditas unggulan dan menjadi ciri khas tersendiri dari daerah tersebut.

Dengan dibangunnya Kampung Budidaya Ikan ini diharapkan daerah menjadi lebih fokus dalam peningkatan kinerja sektor kelautan dan perikanan, terutama peningkatan produksi perikanan di Kalteng.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Kabupaten Pulang Pisau H. Riduan Syahrani turut mendampingi dalam kunjungan ke lokasi Kampung Budidaya Ikan Papuyu di Desa Mantaren II, Kabupaten Pulang Pisau.

Ia menjelaskan, di Desa Mantaren II ini, terdapat 54 Rumah Tangga Perikanan (RTP) Budidaya Ikan dan 169 kolam serta memiliki 4 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

“Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau sangat mendukung dengan adanya program Kampung Budidaya Ikan Papuyu di Desa Mantaren II ini, dan telah menganggarkan dana untuk pembangunan Kampung Budidaya Ikan tersebut, harapannya dengan adanya dukungan dari semua pihak maka pembangunan Kampung Budidaya Ikan Papuyu ini dapat segera terealisasi,” tutur Riduan Syahrani.

EDITOR:Heryanto


SUMBER:Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng