Rakorda P3APPKB Diharapkan Membangun Komitmen Bersama Capai Sasaran Sekaligus Bersinergi Dalam Program Pembangunan Hingga Kabupaten/Kota

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka membuka secara resmi Rakorda P3APPKB Prov. Kalteng. (foto/mmc)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng Hamka
membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalteng.

Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (24/11/2021).

Hamka  mengawali sambutannya menyambut baik dan memberi apresiasi terhadap kegiatan yang diharapkan dapat membangun komitmen bersama sebagai upaya untuk mencapai sasaran dari Program Kerja Nasional sekaligus bersinergi dengan program pembangunan pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana sampai ke Tingkat Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Hamka saat membacakan sambutan tertulis Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin menyampaikan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) memerlukan penyesuaian dan kebijakan pada tahap sinergitas dan integrasi program pembangunan Nasional ke program Pembangunan Daerah.

“Berkaitan dengan hal tersebut, perlu upaya dan kerja keras bagi semua pelaku pembangunan di Pusat dan Daerah agar pelaksanaan kewenangan Pusat dan Daerah dalam urusan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pengendalian penduduk serta keluarga berencana dapat berjalan secara harmonis, sinkron dan terintegrasi antar program”, ucap Hamka.

Beberapa hal yang memerlukan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota antara lain penyelesaian kegiatan program DP3APPKB Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam ketahanan keluarga dan peningkatan SDM yang unggul dan berdaya saing.

Kemudian, terwujudnya sinergitas antar DP3APPKB Provinsi Kalteng dengan Institusi Kabupaten/Kota untuk mencapai sasaran ketahanan keluarga di Kalteng, implementasi lima arahan Presiden tentang urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, implementasi arahan Presiden tentang stunting dan ketahanan keluarga di Kalteng dan meneguhkan Kalteng yang beriman, berbudaya dan berkesetaraan gender terkait pada urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Rakor dihadiri secara virtual oleh Sekretaris Menteri PPPA Pribudiarta Nur Sitepu dan Plt. Kepala Dinas DP3APPKB Prov. Kalteng Linae Victoria Aden. (mmc/ndo)

admin01