Pemkab Pulpis Terima 560 Vaksin Covid 19

Ist – Pemkab Pulpis Menerima dan langsung mengamankan ratusan Vaksin Covid 19 yang diserahkan Pemprov Kalteng, Sabtu (09/01/2021).

PULANG PISAU, KALTENGTERKINI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) menerima 560 dosis vaksin Sinovac yang dikirim Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Vaksin sinovac tersebut dikirim Sekretaris Dinkes Provinsi Kalteng yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) SDK Drs. Ayo I Rizal serta BPOM Provinsi Kalteng.

Vaksin Sinovac itu diterima Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau dr. Muliyanto Budihardjo yang juga Wakil Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulpis, di Kantor Dinas Kesehatan setempat, Sabtu (9/01/ 2021).

“Ya Vaksin telah tiba di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Sabtu kemaren. Saat ini tengah dijaga ketat sebelum disalurkan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau dr. Muliyanto Budihardjo.

Dikatakan dr. Muliyanto, penyalurkan vaksin sinovac ke daerah-daerah ini dilepas secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran pada pukul 08.00 WIB tadi.

Sebelum disalurkan ke wilayah Bumi Handep Hapakat, Vaksin saat ini telah disimpan dengan kaamanan ketat yang melibatkan pihak Kepolisian wilayah Pulpis.

“Kita telah menerima kedatangan vaksin sinovac dari Pemprov Kalteng, dan vaksin ini telah kita simpan di gudang penyimpanan vaksin” ucapnya.

Ia juga mengatakan untuk jumlah vaksin sinovac, yang diterima sebanyak 560, dan akan segera didisbutrikan sambal menunggu petunjuk lebih lanjut.

Terkait kapan akan dilaksanakan vaksinasi,?

Hal itu menurutnya masih menunggu jadwal vaksinasi simbolis, dimana diketahui bahwa untuk rencana awal vaksinasi Nasional akan dimulai sebagai penerima vaksinasi pertama adalah Presiden RI Joko Widodo dan para Pejabat di Pusat pada tanggal 13 Januari 2021.

“Kita terima Kemarena 14 Box. Isi per box nya 40 vial. untuk pendistribusian ke tiap Kecamatan akan dijadwalkan selanjutnya. Setelah vaksinasi simbolis di Pusat, maka dilanjutkan secara simbolis di daerah,” ungkapnya.

Sebelumnya dikabarkan Pemkab Pulpis telah melakukan persiapan untuk melakukan vaksinasi sesuai dengan petunjuk Pemerintah Pusat dan Provinsi. Bahkan Bupati Pulpis dan para Anggota DPRD serta Kepala OPD telah menyatakan kesiapan pihaknya melakukan Vaksinasi.

Selain itu pihaknya juga telah menyeleksi ratusan tenaga kesehatan diwilayah Pulpis untuk mendapatkan vaksin tersebut untuk tahap pertama ini.

“Saat ini kita masih menunggu petunjuk lebih lanjut. Tapi pejabat dengan ratusan Nakes yang kita siapkan menerima vaksin tahap pertama ini sudah siap. Untuk menerima vaksin harus mengisi formulir dengan 12 pertanyaan, diantaranya apakah ada gejala penyakit seperti hipertensi, atau ibu sedang hamil. Sedangkan untuk tenaga vaksinator, mulai minggu depan akan dilatih atau training,” tutupnya.

(Pri)

EDITOR:


SUMBER: