Ketua Komisi I DPRD Pulpis Ajak Masyarakat Giat Berolahraga

 Ketua Komisi I DPRD Pulpis Ajak Masyarakat Giat Berolahraga

PULANG PISAU, kaltengterkini.co.id – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Tendean Indra Bella mengajak masyarakat agar selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu prima dengan cara berolahraga ringan 5 menit setiap pagi sebelum beraktivitas.

Dalam menghadapi Pandemi Covid-19, dikatakannya, bahwa selain menjaga daya tahan tubuh dengan makan-makanan yang bergizi, minum multivitamin serta suplemen makanan, akan kurang optimal jika tanpa dibarengi dengan berolahraga ringan seperti pemanasan, lari ditempat, jalan cepat ataupun jogging, peregangan sendi juga otot.

“Karena menurut saya selain menjaga stamina tetap prima, imunitas tubuh juga pasti akan meningkat dalam menangkal virus yang menular, apalagi khusus orang-orang yang lanjut dewasa,” ungkapnya.

Menurut para praktisi kesehatan, lanjut Legislator Golkar Pulang Pisau ini, mengimbangi aktivitas serta rutinitas yang padat dengan kondisi tubuh yang tetap stabil, olahraga merupakan anjuran paling pertama dalam menjaga kesehatan jiwa maupun raga.

“Seperti ungkapan yang lazim kita dengar, mens sana in corpore sano dengan artian didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, dengan banyak penelitian bahwa olahraga memiliki manfaat yang banyak,” katanya.

Karena, dalam menghadapi Pandemi ini, diperlukan kesehatan fisik dan mental yang sehat dengan berbagai upaya yakni olahraga juga memiliki berbagai macam manfaat kepada raga seperti mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, meningkatkan kinerja otak.

“Menunda keterbatasan fisik saat usia lanjut, serta memberikan kepada jiwa atau psikis kita seperti mengurangi stress, memperbaiki suasana hati, dan tidur yang lebih nyenyak,” ucapnya.

Akan tetapi disisi lain, dirinya mengingatkan kepada para lansia sebaiknya tidak terlalu memforsir tenaga, namun dengan olahraga yang secukupnya saja.“Yang awalnya ingin meningkatkan daya tahan tubuh malah sebaliknya yang terjadi atau bisa berakibat fatal juga, kalau olahraga tidak dilakukan dengan cermat dan berhati-hati, apalagi sampai dipaksakan,” tegasnya.

Dirinya berharap, masyarakat di Bumi Handep Hapakat, melakukan olahraga sesuai kemampuan kondisi fisiknya, karena sesuatu yang berlebih-lebihan belum tentu akan membuahkan hasil sesuai keinginan, bisa jadi malah dapat memperburuk keadaan.(pri)

EDITOR:


SUMBER: