DPRD Pulpis Minta Pemkab Lebih Serius Turunkan Angka Stunting

 DPRD Pulpis Minta Pemkab Lebih Serius Turunkan Angka Stunting
Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ragil Ari L. Supar,

PULANG PISAU, kaltengterkini.co.id – Dinas Terkait di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) perlu perhatian dan penanganan lebih serius untuk menekan angka Stunting agar tidak semakin meningkat.

Hal tersebut dikatakan Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ragil Ari L. Supar, dalam menjawab pertanyaan rekan media melalui pesan whatsapp, Salasa (17/11/2020).

“Akibat asupan gizi yang kurang, sehingga menyebabkan terjadinya Stunting terhadap anak, merupakan hal yang sangat urgent kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam perencanaan pembangunan yang bersifat kemasyarakatan tentunya,” katanya.

Untuk meningkatkan kualitas SDM Pulang Pisau, jelas Srikandi Fraksi Gerindra Pulang Pisau ini, supaya tidak hanya terfokus pada peningkatan di bidang pendidikan dan pelatihan keterampilan saja, namun pemberian asupan gizi yang tercukupi dalam 1000 hari kehidupan pertama setelah kelahiran mesti giat dianjurkan kepada masyarakat oleh Pemerintah Daerah.

“Kabupaten Pulang Pisau menyelenggarakan Delapan (8) aksi dalam rangka penurunan angka stunting tersebut secara Konvergensi dan Integrasi seperti membuat analisa situasi anak-anak yang terkena Stunting,” ucapnya.

Kemudian membuat Perencanaan Program kegiatan lanjutan secara estafet dan melibatkan organisasi non pemerintah, melakukan diskusi dan berdialog dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Dinas Terkait, program yang terstruktural terkait manajemen data agar hasil tepat dan akurat.

“Kemungkinan pada tanggal 16 November mendatang akan dirembuk bersama, Seluruh Stake Holder, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, bersama Pemerintahan Kabupaten Pulang Pisau,” katanya.

Sementara ini Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau terutama Dewan Legislatif, masih dalam proses dalam perencanaan regulasi seperti Peraturan Bupati.

“Kemudian pengukuran skala keberhasilan program dan publikasi berupa Kampanye Gizi Nasional, serta review untuk mendapatkan informasi penting, tentang kendala, tantangan, rintangan apa saja pada fakta di lapangan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, agar perencanaan program ini, benar-benar diupayakan secara optimal dengan sinergitas baik antara seluruh pemangku jabatan, pemangku kepentingan, serta petinggi-petinggi daerah Kabupaten Pulang Pisau.(pri)

EDITOR:


SUMBER: