DPRD Pulpis Dorong Petani Kopi Kembali Berkebun

 DPRD Pulpis Dorong Petani Kopi Kembali Berkebun
Rombongan DPRD Pulpis berkunjung ke dinas perkebunan Kalteng belum lama ini.

PULANG PISAU, kaltengterkini.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mendorong agar para petani di Bumi Handep Hapakat dapat kembali membudidayakan tanaman kopi.

Pasalnya, di Kabupaten Pulang Pisau seperti di Kecamatan Pandih Batu dan Maliku sangat cocok untuk budidaya tanaman kopi.

“Dulu para petani di Kecamatan Maliku dan Pandih Batu yang budidaya tanaman kopi itu sangat banyak. Namun seiring bergulirnya waktu, banyak yang beralih ke tanaman lain, seperti karet, sawit dan sengon,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau, H Ahmad Fadli Rahman.

Fadli sapaan akrab wakili Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II yakni Kecamatan Maliku dan Pandih Batu itu mengatakan prospek dan peluang berkebun kopi cukup bagus.

Karena kopi memiliki peluang atau pangsa pasar yang sangat baik sehingga tanaman kopi ini sangat perlu untuk dikembangkan sebagai peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami bersama Pemkab Pulpis telah melakukan koordinasi dengan pihak Provinsi agar masyarakat Pulpis kembali termotivasi untuk berkebun Kopi,” ucapnya.

Oleh karena itu Politikus PDI-Perjuangan Pulpil ini kembali mengajak kepada masyarakat, khususnya para petani agar kembali menanam kopi.

“Kami juga berkunjung ke Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah dan mengusulkan program-program bantuan peralatan pasca panen. Insyaallah, pada tahun 2021 Pulang Pisau akan mendapatkan bantuan pasca panen tersebut,” ungkapnya.

Oleh karenanya kata Fadli, pihaknya sangat berharap kepada para petani kopi agar meningkatkan budidaya tanaman tersebut, salah satunya dengan perluasan lahan.app

EDITOR:


SUMBER: