Plt. Gubernur Kalteng dan Gubernur BI Resmikan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung BI

 Plt. Gubernur Kalteng dan Gubernur BI Resmikan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung BI
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng ini dilaksanakan virtual melalui video conference di Ruang Rapat Kantor Gubernur lantai I. (foto/ist)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKNI.ID – Plt. Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meresmikan peletakan batu pertama pembangunan gedung baru kantor perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalteng.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng ini dilaksanakan secara virtual melalui video conference di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Rabu (4/11/2020).

Hadir pula secara virtual dari tempat masing-masing yakni Kepala Perwakilan BI Kalteng, Rihando dan Kepala Perbankan se-Kalteng.

Plt. Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya dalam sambutnnya, mengatakan keberadaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng merupakan peran serta dalam mendukung pemerintah daerah khususnya Pemerintah Provinsi Kalteng untuk melakukan koordinasi pengendalian inflasi, mendorong pengenalan dan akses terhadap perbankan serta menjaga stabilitas keuangan daerah yang strategis dalam upaya menjaga pertumbuhan ekonomi daerah.

Dengan 13 Kabupaten dan 1 Kota, Provinsi Kalteng memiliki Potensi Sumber Daya Alam dan Hayati yang melimpah dengan empat sektor utama yaitu sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 21,99%, sektor industri pengolahan sebesar 15,63%, sektor perdagangan sebesar 13,70% dan sektor pertambangan sebesar 9,15%.

Selanjutnya dari sisi permintaan, perekonomian Kalteng masih di support oleh konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor, dengan kontribusi masing-masing komponen sebesar 44,25%, 43,63%, dan 43,26% terhadap PDRB Kalteng Triwulan II 2020.

Adapun total ekspor Kalteng pada Triwulan II 2020 mencapai USD $439,03 juta, dengan komoditas utama batubara yang mendominasi ekspor Kalteng sebesar 58,24% dan negara tujuan utama ekspor batubara, yaitu negara Jepang.

Sedangkan komoditas lainnya yang menyumbang ekspor terbesar kedua adalah CPO dengan porsi 14,24%, dengan negara mitra ekspor utama, negara Cina. Namun untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, hilirisasi produk turunan dari komoditas ekspor tersebut sangat diharapkan.

Sehingga dukungan dan sinergi dari Bank Indonesia Perwakilan Kalteng dengan Pemerintah Provinsi Kalteng selalu diharapkan. Selain tanggung jawab pemerintah dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan merata, konektivitas, dan efisiensi rantai distribusi dapat membaik, harapan selanjutnya dapat mendorong pertumbuhan perekonomian di Kalteng.

Menutup sambutannya Plt. Gubernur mengungkapkan rasa senang dan bangga, serta menyampaikan selamat atas ground breaking pembangunan gedung baru Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng.

“Menjadi harapan kita bersama dengan pembangunan gedung baru ini, dapat memberikan multi player efek bagi perekonomian daerah, terutama ditengah Pandemi Covid-19 serta semakin meningkatkan fungsi, peran dan sinergi antara Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia, baik dalam kapasitasnya sabagai advisory ekonomi daerah, maupun dalam pengendalian inflasi daerah melalui peran TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah).” terang Habib Ismail.

Hal senada diungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI) Pusat Perry Warjiyo dengan mengucapkan puji syukur atas terlaksananya kegiatan Ground Breaking Pembangunan gedung Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalteng.

Perry Warjiyo mengatakan pembangunan gedung Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalteng ini merupakan komitmen BI untuk terus mendukung pembangunan ekonomi Daerah maupun Nasional, tidak hanya mewujudkan visi dan misi BI tetapi juga guna mewujudkan sarana dan prasarananya.

“Semoga gedung baru ini menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Tengah” tutup Perry Warjiyo. (dn)

EDITOR:


SUMBER: