Rakortek Perhubungan Se Kalteng, Rumuskan Strategi Tingkatkan PAD Sektor Perhubungan
Pemkab Pulpis Gelar Sosialisasi dan Asistensi Penyusunan SOP
PULANG PISAU, kaltengterkini.co.id – Dalam rangka mewujudkan kinerja Pemerintahan Daerah yang optimal, maka diperlukan Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan tugas-tugas yang baik dan sesuai prosedur.
Terkait hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) melalui Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pulpis menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Asistensi penyusunan SOP dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pulpis
Kegiatan yang Kamis (22/10/2020) kemaren bertempat di Aula Bappedalitbang, Jalan WA. Duha, Kecamatan Kahayan Hilir.
Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Setda Pulpis Apriansyah, Jumat (23/10/2020) mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu penataan tata laksana diwujudkan dalam bentuk penyusunan dan implementasi SOP dalam pelaksanaan tugas fungsi aparatur Pemerintah.
“Hal ini, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 tahun 2011 tentang SOP di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota, dimana kegiatan ini memerlukan partisipasi penuh dari seluruh unsur aparatur yang ada dalam institusi Pemerintah,” ucapnya.
Ia juga mengungkapkan dimana kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari, sejak dari tanggak 21 sampai 22 Oktober 2020.
Sasaran yang ingin di capai dari kegiatan ini, adalah untuk memberikan panduan bagi seluruh instansi Pemerintah Daerah dalam mengidentifikasi, menyusun, mendokumentasikan, mengembangkan, memonitor serta mengevaluasi SOP sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sehingga peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat tercapai.
“Penyusunan SOP ini juga memiliki manfaat sebagai standarisasi cara yang dilakukan aparatur dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya, mengurangi tingkat kesalahan dalam bekerja dan pada akhirnya menjadi tolak ukur dalam meningkatkan kesejahteraan bagi para aparatur itu sendiri melalui pemberian tunjangan kinerja,” pungkasnya.(pri)