Dewan Pers Minta SMSI Kawal Pelaksanaan Pilkada

 Dewan Pers Minta SMSI Kawal Pelaksanaan Pilkada

CILEGON, kaltengterkini.co.id – Dewan pers meminta para jurnalis dari perusahaan media massa yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengawal terlaksananya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di daerah masing-masing.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun, pada diskusi panel yang digelar usai pembukaan rapat kerja nasional (Rakernas) I SMSI, di Cilegon, Banten, Sabtu (26/9/2020), menegaskan, Pilkada sangat penting untuk memilih kepala daerah yang memiliki legitimasi dalam menentukan kebijakan pembangunan, termasuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam diskusi yang dihadiri Walikota Cilegon, Pakar Ilmu Komunikasi Politik Prof Henry Subiakto, Ketua SMSI Pusat Firdaus dan para peserta Rakernas dari berbagai provinsi se-Indonesia ini, Hendry Ch Bangun berharap pelaksanaan Pilkada tidak lagi tertunda.

Pers harus mendukung agar Pilkada tetap berjalan karena daerah perlu pemimpin, ujar Hendry.

Dia menyebut, penunjukan pelaksana tugas (Plt) tidak cukup untuk menjalankan tugas pimpinan yang legitimit di suatu daerah.

Plt tidak bisa membuat kebijakan strategis. Padahal masyarakat perlu kepala daerah yang mampu mengambil tindakan dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19, sebutnya.

Hendry menambahkan, masa jabatan Plt itu sendiri batasnya relatif singkat. Karena itu Dia berharap Pilkada bisa selesai sebelum masa jabatan Plt ini berakhir.

Rakernas pertama SMSI yang digelar di Hotel Marbella Anyer ini sendiri dibuka resmi Menteri Komunikasi dan Informasi Johny Gerard Plate SE secara virtual.

Kegiatan akan berjalan 2 hari dengan peserta yang hadir langsung antara lain dari perwakilan SMSI Provinsi banten, Lampung, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Sumatra selatan. Sedangkan sejumlah peserta provinsi lainnya mengikuti kegiatan secara virtual. (dn)

EDITOR:


SUMBER: