4.830 Paket Bantuan Sosial Telah Tiba di Kabupaten Lamandau dan Katingan

 4.830 Paket Bantuan Sosial Telah Tiba di Kabupaten Lamandau dan Katingan
Paket bantuan sosial yang disalurkan oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran secara simbolis beberapa waktu lalu, akhirnya tiba di Kabupaten Lamandau dan Katingan. (foto/Humas PKP)

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id – Paket bantuan sosial dan kebutuhan pokok dari pemerintah provinsi Kalteng yang disalurkan oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran secara simbolis beberapa waktu lalu untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah banjir di beberapa wilayah kabupaten, kini telah tiba dan diterima masyarakat setempat.

Paket bantuan sosial dan kebutuhan pokok tersebut sebanyak 4.830 dengan rincian
untuk Kabupaten Lamandau sebanyak 943 paket dan Kabupaten Katingan sebanyak 3.887 paket, semuanya sudah diterima masyarakat setempat.

Banjir yang terjadi di tiga kabupaten tersebut menjadi perhatian serius Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, sehingga bertindak cepat menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak.

“Bantuan berikutnya akan berangkat sebagian pada hari ini untuk wilayah yang sulit terjangkau tranportasi darat, bantuan akan dibawa dan didistribusikan menggunakan helikopter”, ungkap Gubernur Sugianto Sabran, Rabu (16/9/2020).

Berdasarkan data dari Pusdalops PB ada sebanyak 1.867 KK korban banjir di Kabupaten Lamandau dan 7.558 KK korban banjir di Kabupaten Katingan.

Pemerintah Kalteng akan terus berupaya membantu menanggulangi banjir sekaligus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang wilayahnya terkena bencana banjir.

“Bantuan paket sembako merupakan beras cadangan milik Pemerintah Kalteng yang di kelola oleh dinas ketahanan pangan bekerjasama dengan bulog,” terangnya.

Beras cadangan pangan memang diperuntukan bagi keadaan tertentu seperti rawan pangan, gejolak harga maupun bencana alam seperti yang terjadi saat ini di beberapa kabupaten di Kalteng.

“Saat ini cadangan pangan yang masih ada sekitar 50 ton. Ini nantinya kami siapkan dan salurkan untuk keperluan masyarakatan, “ katanya.

Selain Kabupaten lamandau, berapa hari ke depan akan disalurkan juga untuk kabuapten lain yang sedang mengalami musibah banjir seperti Katingan, Gumas, Kotim dan Seruyan.

“Selain bantuan beras dari Dinas Ketahanan Pangan Kalteng, juga ada bantuan paket sembako yang berasal dari Dinas Sosial Kalteng” ujarnya.

Sugianto Sabran menuturkan, saat ini telah dibangun posko kesehatan dan dapur umum untuk membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan, serta melayani kebutuhan warga khususnya warga yang mengungsi, yang sudah dibangun di sejunlah titik di lokasi banjir. (dn)

EDITOR:


SUMBER: