Dua Bapaslon Hari Ini Jalini Pemeriksaan Kesehatan

 Dua Bapaslon Hari Ini Jalini Pemeriksaan Kesehatan
Dua Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Kalteng saat bersenda Gurau dan berbincang akrab di ruang tunggu utama. (atas) dan Dua Bapaslon sedang menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan. (Foto/ist)

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id – Dua Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran – H. Edy Pratowo dan Ben Brahim S. Bahat – H. Ujang Iskandar hari ini mengikuti Pemeriksaan Kesehatan di aula Bajenta Lt. III Gedung Diklit RSUD. dr. Doris Sylvanus Palangka Raya, Selasa (08/09/2020).

Pemeriksaaan Kesehatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 8 – 9 September 2020 dilakukan oleh tim pemeriksaan kesehatan yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalteng , Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kalteng dan  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng H. Harmain Ibrohim saat membuka acara pemeriksaan kesehatan mengatakan, sesuai dengan ketentuan dan perundangan yang berlaku, salah satu syarat bakal calon Kepala Daerah dan calon Wakil Kepala Daerah adalah cakap dan sehat secara jasmani dan bebas dari narkotika.

“Untuk itu  pemeriksaan kesehatan adalah syarat mutlak yang wajib diikuti oleh para bakal Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah”, terangnya.

Post test kesehatan ini mengacu pada Keputusan KPU Republik Indonesia (RI) Nomor 412 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Standar Kemampuan Jasmani Dan Rohani Serta Standar Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, Dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Menurut Hermain, tahapan tes kesehatan yang diikuti oleh Dua Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng diantaranya yakni Tes Psikologi, Pemeriksaan Bebas Narkoba, Pemeriksaan Gula Darah, Rontgen Thorax, Ultrasonografi (USG) Abdomen, pemeriksaan Mata dan Gigi & Mulut, serta Urinalisa, Tes MMPI serta Pemeriksaan Penyakit Dalam meliputi THT, Jantung, Paru, Bedah, Bedah Urologi, Bedah Orthopedi, Neurologi dan Wawancara Psikiatri.

Sesaat sebelum acara pembukaan yang dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan pemeriksaan, nampak dua Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Kalteng ini, asyik bersenda gurau dan berbincang akrab di ruang tunggu utama.

Kesejukan yang ditunjukan para bakal calon adalah gambaran jati diri Kalteng yang hakiki, menjunjung tinggi perbedaan untuk sebuah kebersamaan Falsafah Huma Betang, dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tampak hadir pada acara tersebut, Ketua KPU Prov. Kalteng H. Harmain Ibrohim, Ketua Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Prov. Kalteng Satriadi, Ketua IDI Kalteng Mikko Uriamapas Ludjen, Ketua HIMPSI Kalteng Dina Fariza Tryani Syarif, Direktur RS Doris Sylvanus Yayu Indriaty, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana Provinsi Kalteng dr. Rian Tangkudung, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi, Plt. Direktur Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei Theodorus Sapta Atmadja dan mewakili Kepala BNP Kalteng. (dn)

EDITOR:


SUMBER: