Tindak Tegas Pemukul Petugas atau Relawan Covid-19

 Tindak Tegas Pemukul Petugas atau Relawan Covid-19

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, menyayangkan terjadinya dugaan pemukukan yang dilakukan oleh oknum warga kepada petugas medis penanganan covid-19, saat dilakukan pemakaman di km 12, Selasa (21/7/2020), kemarin.

Meski demikian, tambah Gubernur Sugianto, kejadian itu juga dapat ditindak tegas agar tidak terjadi lagi dikemudian hari. Dan meminta pihak tim medis, atau relawan covid-19, memberikan edukasi yang maksimal kepada warga sehingga tidak terjadi lagi kejadian yang serupa.

“Selaku Gubernur, saya prihatin dan sedih melihat dan mendengar ada kejadian dugaan pemukukan yang terjadi di areal pemakaman km 12, terhadap petugas covid-19.


Diduga dari pihak rumah sakit mengarah ke covid-19, sehingga dilakukan pemakaman sesuai prosedur. Dan dilokasi pemakaman terjadi keributan hingga ada oknum warga yang melakukan pemukulan. Saat ini sudah ditangani pihak kepolisian. Itu harus ditindak tegas untuk efek jera agar warga juga dapat memahaminya,” tegas Sugianto.

Meski demikian, tambah Gubernur selaku ketua gugus tugas penanggulangan covid-19 di Kalteng, meminta kepada tim medis dan pihak petugas covid-19, terus memberikan edukasi secara maksimal, memberikan pemahaman agar masyarakat faham dan mengerti,” ucap Sugianto.

Dirinya mencontohkan, ada salah satu keluarganya yang dirawat di rumah sakit dan meninggal hingga dimakamkan secara protokol covid-19, dan harus direlakan kemudian mendoakan sesusai dengan agama dan kepercayaanya.

Sugianto menyebut tidak gampang menjadi relawan covid-19 serta petugas medis, berjibaku dengan kondisi kesehatan, jauh dari keluarga hingga ada yang secara sukarela bahkan juga meninggal karena covid-19.

“Beberapa waktu lalu saya di telpon ibu, ada keluarga yang meninggal dan dimakamkan secara protokol covid-19. Kita hanya bisa berdoa agar amal ibadahnya diterima oleh Tuhan. Ini demi memutus mata rantai penyebaran covid”, ujarnya.

Ini memang tidak gampang, lanjut Gubernur, situasi saat ini, kadang ada juga oknum masyarakat yang kurang menyadari dengan kondisi itu.

Untuk itu, kami komitmen, termasuk para penegak hukum, untuk menindak tegas warga yang merampas jenazah covid-19 atau membawa. Saya dan kita semua terus melakukan upaya himbauan dan mengajak untuk mengahiri covid-19 dengan mengurangi penularan, menjaga jarak, pakai masker serta cuci tangan yang rutin setelah aktifitas,” tambah Sugianto.

Gubernur juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Kapolda Kalteng, Danrem dan Kabinda, untuk menindak dan proses hukum bagi oknum oknum masyarakat yang melakukan upaya menghalangi, merampas atau melakukan penganiayaan terhadap jenazah atau pemakaman dalam covid-19, untuk memutus rantai penyebaran dan masyarakat lainya juga terhindar.

“Proses hukum tetap berlanjut untuk efek jera. Kami bersama Kapolda dan forkopimda, sudah melakukan rapat, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Saya mengajak masyarakat Kalteng, Jangan sampai terjadi lagi. Kasian semuanya,” imbaunya.

Gubernur Sugianto berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan agar terhindar dari covid-19, dengan meningkatkan protokol kesehatan.

“Mari kita tingkatkan kedisiplinan agar terhindar dari covid-19. Terimakasih kepada warga masyarakat yang terus melakukan protokol kesehatan serta memutus mata rantai sebaran civid-19. Bagi warga yang belum sadar terhadap protokol kesehatan, yuk kita memulai menggunakan masker, jaga jarak serta cuci tangan, agar covid-19 ini segera berahir di Kalteng dan seluruhnya,” imbuh Sugianto.

Sementara Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, mengatakan, pihak kepolisian sudah melakukan penanganan dan proses terhadap terduga pelaku pemukulan dan masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Sudah ditangani dan proses. Setelah ada info kejadian, tim bergerak melakukan penanganan dan sudah diamankan. Saat ini masih dilakukan penyeldikkan lebih lanjut,” kata Kapolda. (ibn)

EDITOR:


SUMBER: