Gubernur Sugianto Hadiri Live Talks Show ‘Membangun Desa Pantang Mundur’

 Gubernur Sugianto Hadiri Live Talks Show ‘Membangun Desa Pantang Mundur’
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, menghadiri acara live talk show Kompas TV dengan tema ‘Membangun Desa Pantang Mundur’ di Aula Arya Darma, Polda Kalteng. (Humas Pemprov Kalteng)

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, menghadiri acara live talk show Kompas TV, bersama Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, Brigjen Purwo, Rektor UPR Elia Embang, yang dilaksanakan di Aula Arya Darma, Polda Kalteng, Selasa (14/7).

Kegiatan bertajuk ‘Mempendeng Lewu Isen Mulang’ atau Membangun Desa Pantang Mundur, dengan diplopori oleh Polda Kalteng, yang selaras dengan menjaga serta memingkatkan ketahanan pangan.

Hal ini juga selaras dengan pencanangan food estate oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu mengenai ketahanan pangan nasional atau lumbung pangan nasional di Kalteng.

“Kita terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan di Kalteng, untuk masyarakat Kalteng dan Indonesia. Apalagi Kalteng dipercaya oleh pemerintah pusat, kemarin dikunjungi pak Presiden, pencanangan menjadi lumbung pangan nasional.

Ini sangat luar biasa, dimana kita ingin warga lokal Kalteng yang berperan serta berkarya nantinya, dan menyiapkan upaya pelatihan untuk generasi milineal Kalteng hingga masyarakat untuk membangun daerah Kalteng, khususnya food eatate ini,” kata Gubernur Sugianto Sabran.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur mengapresiasi inisiasi kepolisian dan TNI, bersama dengan ormas dan element masyarakat dalam bersama sama untuk meningkatkan ketahanan pangan guna membangun daerah Kalteng serta Indonesia.

“Selain berjalan oleh masyarakat, juga bertahap penangan kedepanya baik mengenai sarana dan infrastruktur serta pekerja masyarakat lokal. Kami juga terus memberikan semangat kepada warga, pemuda, mahasiswa dan pelajar untuk meningkatkan ilmu pertanian serta mengembangkan usaha pertanian hingga bersama berkarya untuk food estate di Kalteng, di daerah kita ini,” kata Sugianto Sabran.

Usai acara, Gubernur Sugianto didampingi Kapolda Irjen Dedi dan Danrem Brigjen Purwo, menyampaikan kepada wartawan, selain warga Kalteng juga untuk Anak anak pelajar dan mahasiswa yg diluar daerah juga kita akan tarik untuk berkarya di food estate.

“Kita dukung pemerintah pusat. Kita sambut dengan semangat isen mulang dan harus sukses karena Kalteng ditunjuk menjadi kepercayaan pusat. Nanti Kita sama sama turun di lapangan, memantau dan mengecek, memastikan memastikan program strategis nasional itu, “ kata Gubernur.

Mengenai luasan lahan, dari 165 ribu hektar, sudah ada dari warga lokal, dimana juga fokus petani tradisional yang di prioritaskan.

“Semangat kita dukung kepercayaan pemerintah pusat ini di Kalteng, TNI/polri dan seluruh masyarakat mendukung, termasuk para pengusaha lokal dalam membangun daerah, insya Allah kami optimis ini berjalan sukses untuk Kalteng dan Indonesia,” ucap Sugianto.

Sementara Kapolda Irjen Dedi menyebut, untuk mendukung program nasional tersebut, sembari mengantisipasi potensi karhutla di wilayah taman nasional sebangu, dan daerah lainya, kepolisian dan TNI, serta instansi terkait akan ditempatkan pos pos sekitar 145 posko tim gabungan baik Brimob, Sabhara, TNI, BPBD, Pemadam, Manggala Agni dan lainya, untuk meminimalisir potensi karhutla di wilayah Kapuas, Pulang Pisau, serta daerah lainya yang memiliki intensitas titik panas tinggi.

Personil gabungan nantinya akan ditempatkan di wilayah wilayah potensi tinggi titik panas, salah satunya di Pulang Pisau dan Kapuas yang disana ada taman nasional Sebangau, TAman Nasional Tanjung Puting dan lainya.

Untuk mendukung program nasional food estate, kita galakkan desa pantang mundur untuk mengajak masyarakat meningkatkan ketahanan pangan,” ucap Kapolda. (ibn/KT/01/red)

EDITOR:


SUMBER: