Pemprov Siap Bantu Pemkot Bila Menerapkan PSBB

 Pemprov Siap Bantu Pemkot Bila Menerapkan PSBB

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id – Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan Pemprov Kalteng siap membantu Pemerintah Kota dalam hal ini Walikota Palangka Raya bila mau menerapkan PSBB, terutama aparat penegak hukum yang juga siap.

Ini juga dapat didukung semua element masyarakat, terutama upaya menekan dan maping, bisa dengan rapid tes.

“Kita memaklumi kekawatiran masyarakat apabila dilakukan PSBB, namun juga kita konsen melakukan upaya upaya melindungi keselamatan warga agar tertib meningkatkan protokol kesehatan dan melindungi warga dari potensi sebaran covid-19 ini.

Hal ini diungkapkan, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam diskusi virtual Video Conference dengan Tema Kolaborasi Multistakeholder Kalteng Dalam menekan dan Menanggulangi Covid-19 di Kalteng, terutama di Kota Palangka Raya dengan Forkopimda dan Stakeholder Kalteng, gugus tugas se Kalteng dan Walikota Palangka Raya di Aula Jayang Tingang lantai II kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Kamis (2/7/2020).

Acara juga dihadiri seluruh forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kalteng, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng Darliansyah, Kepala Dinas Kesehatan dr. Suyuti Syamsul, Direktur RSUD dr. Yayu Indriaty, Plt. Kepala Dinas Sosial Rian Tangkudung, ahli epediomologi, mendengarkan masukan dan koordinasi bersama Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Kapolres se Kalteng, Dandim, dan Kejaksaan.

Dalam acara virtual itu juga, dihadiri oleh Kapolda, Danrem, Kajati, Binda Kalteng, Kapolres Se Kalteng, Rektor UPR, Rektor IAIN, Rektor IAHN-TP, Ketua Harian Gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 se-Kalteng, serta beberapa organisasi kemasyarakatan dan organisasi Pemuda.

Lebih lanjut kata Gubernur, ini semua terus kita berikan edukasi dan sosialisasi agar masyarakat peduli terhadap kesehatan dan kondisi covid-19.

Mengenai regulasi dan aturan, Gubernur Sugianto menghormati keputusan Walikota dan Kepala Daerah lainya dalam upaya menekan dan meminimalisir potensi sebaran covid-19 di masyarakat, namun terus ditingkatkan dimana Gubernur Sugianto Sabran sebagai ketua gugus tugas Provinsi mendukung, terutama mengenai kearah PSBB.

“Ini data orang terpapar dan tertangani di rumah sakit, meningkat. Contohnya di Kota Palangka Raya. Nah ini kalau tidak kita lakukan upaya terus menekan, dikawatirkan melonjak naik. Ini yang harus kita tekan dengan upaya peningkatan kolaborasi sinergi semua elemen. Untuk itu salah satu upaya, yakni terus mengedukasi masyarakat menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kami Pemprov Kalteng mendukung dan membantu,” ucap ,”Gubernur Sugianto yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Penggulangan Covid-19 Provinsi Kalteng

Berbagai arahan Gubernur tersebut juga didukung oleh Kepolisian, TNI, hingga steakholder lainya dan komitmen untuk peningkatan kolaborasi sinergitas dalam upaya pencegahan covid-19. Selanjutnya menjadi keputusan Bupati/Walikota dalam menentukan PSBB atau dengan cara lainya yang dianggap efektif sesuai dengan kondisi daerahnya masing masing. (KT/01/red)

EDITOR:


SUMBER: