Ini Manfaat Pembangunan Jalur Pipa Gas Bumi Trans Kalimantan

 Ini Manfaat Pembangunan Jalur Pipa Gas Bumi Trans Kalimantan

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id –
Sebagaimana tertuang dalam Rencana Induk Tahun 2012 – 2025 telah direncanakan pembangunan Jalur Pipa Gas Bumi Trans Kalimantan sepanjang 2.019 Km yang membentang dari Bontang -Banjarmasin – Palangka Raya hingga Pontianak untuk mengangkut Gas Bumi dari Bontang serta Natuna guna memenuhi kebutuhan energi gas alam di seluruh Pulau Kalimantan.

Hal ini diungkapkan Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa dalam acara Focus Discussion Grup (FDG) Prospek Pengembangan dan Peningkatan Gas Bumi di Kalimantan Melalui Pembangunan Transmisi Gas Bumi di Wilayah Trans Kalimantan di Hotel Swissbell Hotel Danum, Rabu (31/7/2019).

Menurut Fanshurullah terdapat lima (5) manfaat pengembangan gas bumi di Kalimantan yakni ; Tercapainya ketahanan dan kedaulatan Energi Nasional sehingga roda
perekonomian berjalan dan kesejahteraan masyarakat meningkat. Kedua, membantu Pemerintah dalam pemenuhan energi melalui pemanfaatan gas bumi dalam negeri yang sesuai dengan RIJTDGBN.

Kemudian ketiga, menyambungkan jaringan pipa gas bumi di wilayah Kalimantan (Trans Kalimantan). Empat, memenuhi kebutuhan gas bumi di sektor industri, pembangkit listrik hingga kebutuhan jaringan gas rumah tangga dan komersial di Kalimantan. Dan ke lima, mewujudkan Kalimantan menjadi kawasan Green Energy. (dn)

EDITOR:


SUMBER: