Regulasi dan Kelola Dana Hibah, Pemprov Kalteng Gelar Sosialisasi Bagi Lembaga Keagamaan

Sosialisasi Kelembagaan Bina Spiritual. (Foto/Ceta D. Cahyono)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Mewakili Sekretaris Daerah Provinsi, Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda prov. Kalteng Ahmad Pahruka, membuka resmi Sosialisasi Kelembagaan Bina Spiritual di Luwansa hotel pada Selasa, (9/7/2024).

Sosialisasi ini merupakan program biro kesra untuk tujuan menguatkan, membina serta mengembangkan lembaga agama dan keagamaan demi meningkatkan peran dan eksistensinya dalam membangun umat.

“Untuk membangun umat, perlu sinergisitas antara pemerintah dengan berbagai stakeholder termasuk lembaga agama dan keagamaan. Sinergisitas diwujudkan melalui Sosialisasi Regulasi Tanda Daftar Lembaga Keagamaan dan Rumah Ibadah serta Kebijakan Pengelolaan Dana Hibah Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Pahruka.

Pahruka menyebut, upaya lain untuk meningkatkan kualitas organisasi dengan cara peningkatan pemahaman beragama, kualitas kerukunan, dan meningkat sarpras keagamaan maupun pendidikan keagamaan.

“Termasuk meningkatkan pemahaman pengurus lembaga/organisasi terkait peraturan dan regulasi dalam hal pedoman dan pendaftaran organisasi kegiatan,” terangnya.

Dalam hal dana hibah, Ahmad Pahruka berharap peserta sosialisasi memahami mendalam terkait pengelolaan dana hibah, pemberian baik berupa uang, barang, ataupun jasa yang ditujukan untuk memajukan atau menunjang tercapainya sasaran suatu program yang sedang dijalankan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengapresiasi kegiatan ini. Saya berharap, kegiatan ini menjadi wujud partisipasi aktif Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Lembaga Keagamaan dalam pembangunan moral dan spiritual untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: