Kesbangpol se-Kalteng Rapat Koordinasi, Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada 2024

Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Kalteng. (foto/Ceta D. Cahyono)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Kalteng di Aula Eka Hapakat. Rapat tersebut dibuka resmi oleh Gubernur Kalteng dalam hal ini diwakili oleh Plh. Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Akhmad Husain.

Akhmad Husain menyampaikan sambutan Gubernur, mengapresiasi pertemuan ini untuk meningkatkan peran dan kerja sama antar stakeholders, dalam memelihara situasi keamanan, kedamaian dan kondusifitas Kalimantan Tengah. Senin, (8/7/2024).

“Kita harapkan dapat lebih memantapkan tugas dan fungsi di bidang Kesbangpol terutama dalam menghadapi Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024,” harapnya.

Dalam menghadapi Pilkada serentak, Husain menyampaikan agar mewaspadai bahaya disintegrasi seperti ujaran kebencian, berita hoax, dan isu SARA, ditambah berkembangnya era digital dan teknologi informasi yang pesat.

“Arus informasi sangat deras dan rentan terjadi gesekan-gesekan akibat informasi palsu yang tidak berdasar atau hoaks yang memecah belah persatuan. Karena itu, saya mengimbau agar jangan mudah terpancing berbagai berita dan isu tidak jelas,” imbaunya.

Karena faktor digitalisasi, menjadi perhatian bersama agar ASN menyaring berbagai informasi yang masuk secara bijaksana “Saring Sebelum Sharing”. Husain menekankan agar memerangi upaya pemecah belah bangsa dengan berpegang teguh pada Pancasila.

Turut mengundang Narasumber dari Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI, Analis Hukum Ahli muda, Rio Yosiko, serta ASN Lingkup Kesbangpol Kabupaten/kota se-kalimantan Tengah.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: