Jaga Stabilitas Harga, Pemprov Serahkan 20 Ekor Sapi Kurban dan Gratiskan Pasar Penyeimbang di Barito Timur

Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin saat menyerahkan secara simbolis bantuan hewan kurban. (foto/mmckalteng)

BARITO TIMUR, KALTENGTERKINI.CO.ID – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha sekaligus menjaga stabilitas harga bahan pangan serta bagian dari pengendalian Inflasi. Pemerintah provinsi melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng H. Nuryakin membuka secara resmi pasar murah Kalteng Berbagi Berkah sekaligus menyerahkan bantuan hewan kurban dari Pemerintah Provinsi ( Pemprov ) Kalteng kepada Pemkab Barito Timur untuk disalurkan ke masyarakat, Kamis (13/06/2024).

Kegiatan ini berlangsung di halaman Sekolah SMA 1 Dusun Tengah yang berlokasi di Jalan Ampah – Muara Teweh, Kabupaten Barito Timur.

Tampak hadir mengikuti kagiatan pasar murah dan penyerahan hewan kurban tersebut diantaranya Kepala OPD Provinsi Kalteng terkait, Forkopimda Kabupaten Barito Timur dan jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

Sekda Nuryakin dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan untuk menjaga stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok yang ada di Kabupaten Barito Timur.

“Bapak Gubernur ingin memastikan setiap hari besar keagamaan, yang mana sering kali terjadi inflasi atau daya beli masyarakat menurun sehingga Pemerintah Provinsi Kalteng membuat berbagai kegiatan yang bisa membantu masyarakat melalui pasar murah atau pasar penyeimbang yang diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat”, tutur Sekda.

Disampaikan Sekda, pada Pasar Penyeimbang ini disediakan 1000 paket sembako senilai Rp.192.500,-, masing-masing paket berisikan beras 10 kg dan minyak goreng 1 liter. Paket sembako disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp.172.500,- sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp.20.000,- per paket. Kemudian, kembali disubsidi oleh Sekda provinsi Kalteng maka bantuan sembako tersebut dapat diperoleh masyarakat secara gratis.

Usai membuka pasar murah, Sekda Nuryakin menyerahkan secara simbolis bantuan hewan kurban yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Barito Timur Panahan Moetar.

“Ada 20 ekor hewan kurban yang kami serahkan dari Pemerintah Provinsi Kalteng untuk Pemkab Barito Timur”, ucap Nuryakin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalteng yang sudah melaksanakan beberapa kali pasar murah di Barito Timur.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Timur menyampaikan ucapan terima kasih, salam hormat kepada Bapak Gubernur dan seluruh jajaran yang saat ini bisa berbagi berkat bersama kami masyarakat Barito Timur”, pungkasnya.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:MMC Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng